BI Rate Turun 25 Basis Poin

User Rating: 5 / 5

Star ActiveStar ActiveStar ActiveStar ActiveStar Active
 

Rapat Dewan Gubernur Bank Indonesia (BI) Kamis 9 Februari 2012 memutuskan untuk menurunkan tingkat suku bunga acuan atau BI Rate 25 basis poin (bps) dari enam persen menjadi 5,75 persen.

Rapat Dewan Gubernur BI menyebutkan, keputusan ini diambil sebagai langkah lanjutan untuk memberikan dorongan bagi pertumbuhan ekonomi Indonesia di tengah menurunnya kinerja ekonomi global, dengan tetap mengutamakan pencapaian sasaran inflasi dan stabilitas nilai tukar Rupiah.

Dengan keputusan BI Rate ini, maka koridor bawah dan atas suku bunga operasi moneter Bank Indonesia masing-masing menjadi 3,75 persen untuk fasilitas simpanan o/n (deposit facility rate) dan 6,75 persen untuk fasilitas pinjaman o/n (lending facility rate).

Ke depan, Bank Indonesia akan terus mewaspadai risiko memburuknya perekonomian global dan dampak kebijakan Pemerintah di bidang energi, dan akan terus memperkuat bauran kebijakan moneter dan makroprudensial, serta koordinasi kebijakan dengan Pemerintah.

Sementara itu IHSG pada sesi kedua Kamis masih melemah. IHSG turun -24 poin ke 3964. Sentimen positif penurunan suku bunga belum mampu mengangkat indeks lebih tinggi. Mayoritas bursa-bursa Asia mengalami penurunan setelah inflasi di China mengalami kenaikan yang melebihi estimasi semula, yang dikhawatirkan akan mengganggu outlook ekonomi negara tersebut.