Akhirnya Emas Tembus 1900 USD

User Rating: 5 / 5

Star ActiveStar ActiveStar ActiveStar ActiveStar Active
 

GoldKontrak harga emas masih terus melanjutkan reli hingga menembus rekor di atas US$ 1.900 per troy ounce. Kian memuncaknya kecemasan investor akan perekonomian global mendongkrak tingkat permintaan emas sebagai perlindungan kekayaan. 

Salah satu bukti adanya perlambatan ekonomi dapat dilihat dari langkah Goldman Sachs Group Inc yang menurunkan prediksinya untuk pertumbuhan ekonomi AS pada 2011. Akibatnya investor memburu emas sebagai safe haven. Harga emas sudah melonjak 34% pada tahun ini. Berbanding terbalik dengan MSCI All-Country World Index yang jatuh 12%

Jika dilihat, kenaikan harga emas sudah berlangsung selama 11 tahun berturut-turut. Harga logam mulia ini sudah naik dua kali lipat sejak akhir 2008 seiring upaya pemerintah AS dan Eropa memerangi krisis utangnya. Tidak hanya itu, rendahnya biaya pinjaman AS membuat pamor emas sebagai lindung nilai atas inflasi kian bersinar. Hari Selasa, 23 Agustus 2011 kontrak harga emas untuk pengantaran Desember naik 1,4% menjadi US$ 1.917,90 per troy ounce dan pada pukul 06.34 waktu Singapura, kontrak yang sama ditransaksikan di posisi US$ 1.911 per troy ounce di Comex, New York.