Pada minggu lalu bursa saham masih berkonsolidasi dan ditutup di level 6.072. Hanya menguat tipis dibanding minggu sebelumnya di 6.039. Sempat turun seiring rencana PPKM Darurat diperpanjang, namun IHSG berhasil rebound. Secara teknikal IHSG masih di fase sideways dalam jangka pendek. Bagaimana pergerakan IHSG selanjutnya? Akankah IHSG mampu menguat atau malah terkoreksi? Simak ulasan lengkap Analisis Teknikal IHSG terbaru di sini.

Gambar di bawah adalah grafik IHSG sampai hari Jumat 16 Juli 2021

Prediksi Analisis Pasar Saham IHSG Minggu Ini 19 Juli 2021

 

Kondisi Pasar Saham Saat Ini

IHSG masih berkonsolidasi. Moving Average periode pendek relatif berimpit dengan Moving Average periode panjang. RSI bergerak relatif datar. Dari kondisi teknikal ini, saya menyimpulkan IHSG masih di fase sideways dalam jangka pendek.

Sementara bursa saham AS sedikit terkoreksi. Indeks Dow Jones berada di level 34.687, turun dibanding penutupan minggu sebelumnya di 34.786. Sedangkan indeks S&P500 di level 4.327, turun dibanding penutupan sebelumnya di 4.369.

 

Kalender Ekonomi Minggu Ini

Minggu ini cukup banyak data dan kejadian ekonomi penting. Yang ditunggu oleh investor adalah pernyataan Ketua Fed Powell. Berikut adalah kejadian dan data ekonomi dalam minggu ini:

  1. Selasa 20 Juli 2021 : Laporan kebijakan moneter Australia
  2. Kamis 22 Juli 2021 : Pernyataan ECB
  3. Jumat 23 Juli 2021 : Data manufaktur Jerman

 

Analisis IHSG Terkini

Menurut saya, bursa saham di minggu ini kemungkinan masih melanjutkan pola konsolidasinya.

Tidak banyak sentimen positif yang beredar di pasar. Ada rencana perpanjangan PPKM Darurat, yang bisa menjadi sentimen negatif pada pasar. Tetapi menurut saya kemungkinan dampaknya tidak terlalu signifikan pada pasar.

Hari Selasa ada hari libur Idul Adha. Berarti jumlah hari bursa untuk transaksi saham cuma 4 hari di minggu ini. Kemungkinan pasar saham di minggu ini relatif sepi. Masih cenderung sideways.

Sementara itu, perkiraan area trading pasar saham di kisaran 5947-6114.

Perhatikan support 5947, waspada jika jebol ke bawah. Sebaliknya jika behasil jebol resistance 6114 ke atas, ada potensi penguatan lanjutan bagi IHSG.

IHSG support 5.947 resistance 6.114.

Disarankan tetap safe trading.

 

Rekomendasi Saham Secara Umum

  • Rekomendasi bagi trader saham: SHORT TERM TRADING
    IHSG cenderung sideways. Bisa trading jangka pendek pada saham-saham tertentu. Tetap safe trading.
  • Rekomendasi bagi investor saham: WAIT AND SEE
    Dalam jangka menengah IHSG fase sideways. Amati perkembangan pasar saham selanjutnya dulu.

Rekomendasi di atas adalah rekomendasi saham secara umum. Jika ingin mendapatkan sinyal jual beli saham yang lebih spesifik, Anda bisa menggunakan layanan rekomendasi saham dari JurusCUAN.com yang dikirimkan langsung real time ke smartphone Anda.

>> Jangan Lewatkan

Member Rekomendasi saham JurusCUAN berhasil profit dari saham WOMF

Ikut profit bersama Rekomendasi Saham JurusCUAN
Sudah terbukti memberikan profit bagi member-membernya