Pasar Saham Pasca Pemilu 2019, Apakah False Breakout?

User Rating: 5 / 5

Star ActiveStar ActiveStar ActiveStar ActiveStar Active
 

Pada minggu lalu, pasar saham bergerak menguat. Sesuai prediksi Jokowi menang Pilpres menurut hasil Quick Count dan IHSG melejit serta mencapai level 6.636 sebelum akhirnya ditutup di level 6.507. Masih naik dari penutupan minggu sebelumnya di 6.405. IHSG terlihat berusaha lepas dari channel turunnya. Tapi kemudian penguatan menyusut. Bagaimana pergerakan IHSG selanjutnya pasca Pemilu 2019? Akankah IHSG terkoreksi atau bahkan menguat kembali? Simak ulasan lengkap Analisis Teknikal IHSG terbaru di sini.

Gambar di bawah adalah grafik IHSG sampai hari Kamis 18 April 2019

Analisis Pasar Saham IHSG 22 April 2019

 

KONDISI PASAR SAHAM SAAT INI

IHSG terlihat berusaha lepas dari channel turunnya. Tapi kembali lagi ke bawah. MACD di atas signal, bernilai positif. RSI terlihat bergerak cenderung datar. Candle terakhir kurang kondusif. Dari kondisi teknikal ini, saya menyimpulkan IHSG belum terlalu jelas arah pergerakannya. Dari berbagai indikator terlihat bervariasi.

Sementara bursa saham AS bergerak cenderung datar di minggu lalu. Indeks Dow Jones terakhir di level 26.559, naik dibanding minggu sebelumnya di 26.412. Sedangkan indeks S&P500 terakhir di level 2.905, turun tipis dibanding minggu sebelumnya di 2.907.

Minggu ini cukup banyak data dan kejadian ekonomi penting. Yang perlu diperhatikan adalah data AS. Hasil Pemilu akan menentukan pergerakan arah pasar saham selanjutnya. Berikut adalah kejadian dan data ekonomi dalam minggu ini:

  1. Senin 22 April 2019 : Bank Holiday di Australia dan Eropa
  2. Rabu 24 April 2019 : Data inflasi Australia, Suku bunga Kanada
  3. Kamis 25 April 2019 : Kebijakan ekonomi BOJ, Data durable goods AS
  4. Jumat 26 April 2019 : Pernyataan Ketua SNB Jordan, Data GDP AS

Menurut saya, di awal minggu ini IHSG kemungkinan bergerak konsolidasi setelah penguatan minggu sebelumnya. Kondisi politik Indonesia mungkin sedikit memanas lagi. Salah satu pihak peserta pilpres masih belum menerima kekalahannya dan malah mengumumkan kemenangan segala. Pengumuman resmi Real Count KPU baru dilakukan sekitar 22 Mei nanti, masih lama. Kalau pihak yang kalah masih ngeyel dan tidak legowo, siap-siap saja kemungkinan IHSG masih loyo naiknya. Investor kemungkinan cenderung profit taking menghadapi hal ini, sambil wait and see. Apakah IHSG false breakout atau tidak, perlu dilihat pergerakan selanjutnya. Masih terlalu dini untuk disimpulkan. Kita lihat saja pergerakan selanjutnya. Disarankan tetap safe trading.

Support IHSG berada di 6.391, sedangkan resistance di 6.636.

 

REKOMENDASI UMUM

  • Rekomendasi bagi trader saham: SHORT TERM TRADING
    IHSG masih berada di fase konsolidasi dalam jangka pendek. Bisa trading jangka pendek pada saham-saham tertentu. Tetap safe trading.
  • Rekomendasi bagi investor saham: WAIT AND SEE
    Dalam jangka menengah IHSG terlihat sideways, disarankan wait and see

Rekomendasi di atas adalah rekomendasi umum. Jika ingin mendapatkan sinyal jual beli saham yang lebih spesifik, Anda bisa menggunakan layanan rekomendasi saham dari JurusCUAN.com yang dikirimkan langsung real time ke smartphone Anda.