Perang Dagang AS-China Memanas Lagi, Sentimen Negatif untuk Pasar Saham

User Rating: 5 / 5

Star ActiveStar ActiveStar ActiveStar ActiveStar Active
 

Pada minggu lalu pasar saham bergerak relatif datar cenderung turun, Terakhir IHSG ditutup di level 6.255, turun tipis dibanding minggu sebelumnya di 6.286. Secara teknikal IHSG masih berada di fase downtrend dalam jangka pendek. Sementara situasi perang dagang AS-China memanas lagi, berpeluang menjadi sentimen negatif bagi IHSG. Bagaimana pergerakan IHSG selanjutnya? Akankah IHSG mampu melanjutkan penguatan atau bahkan malah terkoreksi? Simak ulasan lengkap Analisis Teknikal IHSG terbaru di sini.

Gambar di bawah adalah grafik IHSG sampai hari Jumat 23 Agustus 2019

Analisis Pasar Saham IHSG 23 Agustus 2019

 

KONDISI PASAR SAHAM SAAT INI

IHSG terlihat bergerak cenderung turun. MACD berimpit dengan signal, di area negatif. RSI terlihat bergerak naik. Dari kondisi teknikal ini, saya menyimpulkan IHSG berada pada fase downtrend dalam jangka pendek.

Sementara bursa saham AS bergerak melemah di minggu lalu. Indeks Dow Jones terakhir di level 25.628, turun dibanding minggu sebelumnya di 25.886. Sedangkan indeks S&P500 terakhir di level 2.847 turun dibanding minggu sebelumnya 2.888. Pelemahan bursa saham AS tersebut akibat meningkatnya kekhawatiran investor akan memanasnya perang dagang AS-China.

China mengenakan tarif pada 75 milyar dollar produk AS. Trump dalam tuitnya menyuruh perusahaan AS pindah dari China. Trump yang tidak puas pada pernyataan Ketua Fed Powell juga menyerang Powell dalam tuitnya. Ia menulis, "My only question is, who is our biggest enemy, Jay Powell or Chairman Xi?” Setelah pasar saham AS tutup, Trump lalu mengenakan tarif 30% pada produk sebagai balasan atas aksi China. Reaksi pasar terhadap aksi Trump ini baru akan terlihat pada Senin

Minggu ini tidak banyak data dan kejadian ekonomi penting. Yang mendapat perhatian investor adalah data GDP AS. Berikut adalah kejadian dan data ekonomi dalam minggu ini:

  1. Senin 26 Agustus 2019 : Meeting G7, Data durable goods AS
  2. Selasa 27 Agustus 2019 : Kebijakan moneter Australia
  3. Rabu 28 Agustus 2019 : Data persediaan minyak
  4. Kamis 29 Agustus 2019 : Data keyakinan bisnis NZ, Data modal swasta Australia, Data GDP AS
  5. Jumat 30 Agustus 2019 : Data ijin bangunan Australia, Data GDP Kanada, Data pengeluaran personal AS

Menurut saya, IHSG di minggu ini kemungkinan bergerak cenderung turun. Secara umum pasar saham dunia kurang kondusif, terutama setelah perang dagang AS-China memanas lagi. Perhatikan level support 6.161, jika tembus ke bawah level support berikutnya di 6.022.

Disarankan tetap safe trading.

Support IHSG berada di 6.161, sedangkan resistance di 6.329.

 

REKOMENDASI UMUM

  • Rekomendasi bagi trader saham: SHORT TERM TRADING
    IHSG di fase downtrend dalam jangka pendek. Bisa trading jangka pendek pada saham-saham tertentu. Tetap safe trading.
  • Rekomendasi bagi investor saham: SIDEWAYS
    Dalam jangka menengah IHSG terlihat agak sideways, wait and see dahulu

Rekomendasi di atas adalah rekomendasi umum. Jika ingin mendapatkan sinyal jual beli saham yang lebih spesifik, Anda bisa menggunakan layanan rekomendasi saham dari JurusCUAN.com yang dikirimkan langsung real time ke smartphone Anda.