Situasi Eropa Masih Akan Membayangi IHSG

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

IHSG minggu lalu ditutup di level 3902, sempat melemah sampai 3885 seiring pelemahan ruipiah. Selain itu juga karena ketidak pastian politik dan ekonomi di zona Eropa. Bagaimana kondisi pasar saham berikutnya, apakah IHSG masih bisa naik, atau turun? Simak ulasan lengkap Analisis Teknikal IHSG yang terbaru ini

Gambar di bawah adalah grafik IHSG sampai hari Jumat 25 Mei 2012

IHSG Analisis Teknikal

 

KONDISI PASAR SAHAM SAAT INI

Dalam minggu ini IHSG masih akan dipengaruhi oleh kondisi zona Eropa, terutama menjelang pemilu Yunani 17 Juni 2012 Jika yang menang adalah partai Pro-bail out maka sentimen positif akan meningkat. Jika sebaliknya, setimen negatif menyeruak. Potensi Yunani keluar dari zona Eropa semakin besar.

Sedangkan dari AS tidak akan banyak ada sentimen. Hari Senin ini 28 Mei 2012, bursa Wall Street libur Memorial Day. Sentimen lebih kuat mungkin akan datang di akhir minggu, di AS akan muncul beberapa pengumuman penting seperti Real GDP kuartal 1, Cichago PMI, Intial Jobless Claim, Personal Income, ISM Manufacturing & Construction Spending.

Sedangkan dari dalam negeri, sentimen masih datang dari rupiah. Seperti kita tahu minggu lalu rupiah "dikerjai" oleh spekulan, sehingga jeblok sampai 9500. Semoga kali ini BI tidak meleng. Sedangkan dari kondisi fundamental Indonesia masih bagus, inflasi rendah, defisit APBN kecil, rasio utang kecil, sebenarnya tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Yang agak mengkhawatirkan paling inflasi. Tapi kan bentar lagi musim ajaran baru, plus lebaran, biasalah inflasi naik.

Dilihat secara teknikal, IHSG dalam jangka pendek dalam fase bearish, ditandai dengan MACD yang di bawah signal dan bahkan memasuki zona negatif. Sinyal RSI menunjukkan IHSG masih oversold. Biasanya setelah memasuki zona oversold ini IHSG cenderung rebound. Semoga beneran rebound.

Level support IHSG ada di 3838. Titik kritis, jika jebol maka  IHSG dalam jangka menengah akan masuk zona bearish.

Untuk investor jangka panjang sebenarnya bisa mulai mengkoleksi saham yang sedang murah. Disarankan untuk masuk secara bertahap. Yang tidak pede, wait and see saja

 

REKOMENDASI

  • Rekomendasi bagi trader: WAIT AND SEE
    IHSG menembus level support 4000, dan sudah oversold, speculativ buy bila rebound dari level support berikutnya 3838.
  • Rekomendasi bagi investor: HOLD / BUY LOW
    Musim laporan keuangan kuartal 1 2012. Kemungkinan banyak emiten yang laporan keuangannya masih bagus. Berdasar fakta ini tahan saham Anda. Yang mau ambil saham murah, silakan, tapi bertahap. Kalau jebol di 3838, harus siap nyangkut dan tunggu lagi di lebih bawah. Yang tidak pede, wait and see saja

 

Rekomendasi di atas adalah rekomendasi umum. Jika ingin mendapatkan sinyal jual beli saham yang lebih spesifik, Anda bisa menggunakan layanan rekomendasi saham dari JurusCUAN.com yang dikirimkan langsung ke email Anda.