IHSG Bearish, Dikepung Sentimen Negatif

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

IHSG akhir minggu lalu ditutup di level 3799, dibawah level psikologis 3800, setelah sebelumnya tembus level support 3838 ke bawah. Pelemahan IHSG dipicu oleh keluarnya dana asing, seiring pelemahan ruipiah. Selain itu juga karena ketidak pastian politik dan ekonomi di zona Eropa. Bagaimana kondisi pasar saham berikutnya, apakah IHSG masih bisa naik, atau turun? Simak ulasan lengkap Analisis Teknikal IHSG yang terbaru ini

Gambar di bawah adalah grafik IHSG sampai hari Jumat 1 Juni 2012

IHSG Analisis Teknikal

 

KONDISI PASAR SAHAM SAAT INI

Dilihat secara teknikal, IHSG dalam fase bearish baik di jangka pendek dan jangka menengah. MACD masih di bawah signal dan di zona negatif. Sinyal RSI menunjukkan IHSG oversold. Dalam fase ini, trader sebaiknya keluar dari pasar sampai situasi lebih kondusif. Susah dapat profit kalau trading dalam kondisi pasar seperti ini.

IHSG sendiri dikepung oleh berbagai sentimen negatif. Komplet sudah, dari semua benua melempem:
1. Dari Eropa, Yunani menghadapi pemilu dan partai anti bail out di atas angin, Spain dan Italy membengkak biaya utangnya
2. Dari Cina, pelemahan manufaktur
3. Dari AS, melemahnya data tenaga kerja AS
4. Dari dalam negeri, defisit transaksi ekspor impor dan rupiah masih kurang tenaga. Untuk sementara memang bisa bernapas lega karena dollar AS melemah, tetapi tetap ada potensi pelemahan lebih lanjut.

Di awal minggu bulan Juni ini Dow -274 (-2,22%) karena buruknya data tenaga kerja. Langsung break down level support 12,300 Nikkei dibuka -181 (-2,15%) Oil rontok di 83, Gold 1620 karena menjadi safe haven. Sepertinya minggu ini IHSG akan mendapat banyak tekanan.

 

REKOMENDASI

  • Rekomendasi bagi trader: WAIT AND SEE / SHORT TERM TRADING
    IHSG menembus level support 3838, masuk fase bearish. Biasanya trading akan lebih susah. Disarankan keluar pasar, wait and see atau trading jangka pendek saja dengan modal minimal.
  • Rekomendasi bagi investor: WAIT AND SEE
    IHSG sudah masuk fase bearish. Yang mau beli, tunggu saja dahulu. Siapkan amunisi

 

Rekomendasi di atas adalah rekomendasi umum. Jika ingin mendapatkan sinyal jual beli saham yang lebih spesifik, Anda bisa menggunakan layanan rekomendasi saham dari JurusCUAN.com yang dikirimkan langsung ke email Anda.