Wow, Dow Naik 203 Poin. Bagaimana Dengan IHSG?

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Dow Jones akhir minggu lalu naik +203 poin (+1,62%) di level 2908. Kenaikan tajam pasar saham AS disebabkan investor cukup senang dengan data GDP China yang sesuai ekspektasi, yaitu 7,6%. Bagaimana dengan IHSG? Apakah IHSG bisa mengikuti pasar saham AS? Simak ulasan lengkap Analisis Teknikal IHSG yang terbaru ini

Gambar di bawah adalah grafik IHSG sampai hari Jumat 13 Juli 2012

IHSG Analisis Teknikal

 

KONDISI PASAR SAHAM SAAT INI

Data GDP China yang sesuai ekspektasi 7,6% disambut gembira oleh investor. Sehingga Dow naik tajam +203 poin (+1,62%) di level 2908. Sedangkan IHSG sudah curi start di hari Jumat dengan naik cukup tajam juga.

Padahal data GDP Cina tersebut justru meningkatkan konfirmasi bahwa market global sedang slowing. Perkiraaan saya dengan data ini, kemungkinan akan menekan pemerintah di Cina dan AS untuk segera memberikan stimulus. Bernanke di jadwalkan untuk pidato tengah tahunan di depan Senat di hari Selasa dan Rabu waktu setempat. Investor akan mencermati apa yang dikemukakan oleh Bernanke tersebut.

Dilihat secara teknikal, IHSG sudah tembus uptrend channel nya ke bawah. Sehingga menurut saya saat ini IHSG masuk dalam fase sideways. MACD walaupun masih di atas signal tetapi cenderung mendekati. Support ada di 3940, bila ini tembus suport berikutnya ada di 3840. Resistance ada di 4090. Candle di akhir minggu kemarin cukup baik, yaitu dengan bodi putih yang cukup panjang. Sehingga memungkinkan adanya penguatan di pasar saham, terutama di awal minggu ini. Saya cenderung menyarankan bagi investor untuk tidak terlalu agresif dahulu, kita lihat perkembangan lebih lanjut. Buat trading pendek di IHSG masih ok lah.

 

REKOMENDASI

  • Rekomendasi bagi trader: SHORT TERM TRADING
    IHSG masuk fase sideways. Silakan trading pendek sambil menanti perkembangan lebih lanjut.
  • Rekomendasi bagi investor: HOLD
    Yang sudah punya saham bisa hold.

 

Rekomendasi di atas adalah rekomendasi umum. Jika ingin mendapatkan sinyal jual beli saham yang lebih spesifik, Anda bisa menggunakan layanan rekomendasi saham dari JurusCUAN.com yang dikirimkan langsung ke email Anda.