IHSG Bullish Lagi, Bagaimana Potensi Pasar Saham Di Agustus 2012?

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Menutup bulan Juli, IHSG ditutup naik 43 poin (+1.05%) ke level 4,142.33. Nilai transaksi Rp 6.16 triliun. Asing net buy 1,2T. Secara teknikal IHSG berhasil menembus resistance 4110, dan masuk ke fase bullish.. Bagaimana potensi pergerakan IHSG selanjutnya, terutama di bulan Agustus 2012? Apakah IHSG bisa melanjutkan kenaikannya atau terkoreksi? Simak ulasan lengkap Analisis Teknikal IHSG yang terbaru ini

Gambar di bawah adalah grafik IHSG sampai hari Selasa 31 Juli 2012

IHSG Analisis Teknikal

 

KONDISI PASAR SAHAM SAAT INI

Selama bulan Juli, Dow naik 1 persen, sedangkan S & P 500 naik 1,3 persen dan Nasdaq naik 0,2 persen. Sedangkan dari awal tahun, S & P 500 telah naik hampir 10 persen, meski ekonomi dunia melambat. Walaupun krisis pasar saham AS naik cukup tinggi.

Sedangkan IHSG selama bulan Juli, setelah dikocok-kocok dalam fase konsolidasi naik kira-kira 4%. Sedangkan dari awal tahun IHSG sudah naik 8,7%. Ternyata, AS yang krisis lebih banyak naiknya dari kita yang baik-baik saja

Kembali ke pasar saham, kemungkinan IHSG di bulan Agustus 2012 akan bergerak lebih volatile. Yang pertama adalah window dressing sudah selesai. Di bulan Juli, hampir semua emiten sudah menyampaikan laporan keuangan semester pertama 2012. Sehingga sentimen tersebut boleh dibilang sudah habis.

Kemudian sebentar lagi kita akan memasuki libur lebaran. Biasanya menghadapi libur panjang, investor cenderung profit taking untuk menikmati keuntungannya

Kemudian di bulan baru ini, kita juga menanti data inflasi. Biasanya menjelang lebaran, angka inflasi meningkat sehingga ini bisa menjadi sentimen negatif bagi IHSG.

Lalu apa yang harus kita lakukan? Secara teknikal IHSG masuk fase bullish jangka pendek. MACD sudah golden cross. Untuk sementara ini IHSG masih kondusif. Support IHSG ada di 4090-4110. Resistance di 4200-4234. Jika terjadi pelemahan dan mampu close di atas level support koreksinya masih wajar, dan masih bisa hold saham. Melihat teknikal IHSG dan "calon" sentimen negatif tersebut tetap waspada saja. Saya bilang "calon" karena belum tentu juga. Untuk selanjutnya kita lihat chart saja, jika terjadi potensi pelemahan dan ada sinyal jual silakan profit taking. Yang mau liburan dan mau tenang, silakan take profit gampang kan.

 

REKOMENDASI

  • Rekomendasi bagi trader: TRADING BUY
    IHSG sudah masuk fase bullish. Silakan trading buy, hold selama di atas level 4090-4110
  • Rekomendasi bagi investor: HOLD
    Yang sudah punya saham bisa hold.

 

Rekomendasi di atas adalah rekomendasi umum. Jika ingin mendapatkan sinyal jual beli saham yang lebih spesifik, Anda bisa menggunakan layanan rekomendasi saham dari JurusCUAN.com yang dikirimkan langsung ke email Anda.