IHSG Tidak Lagi Uptrend, September Kelabu?

User Rating: 1 / 5

Star ActiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

IHSG di penutupan hari Rabu 29 Agustus 2012 berada di level 4093. Secara teknikal IHSG sudah break down channel uptrend yang dimulai di bulan Juni. Bagaimana potensi pergerakan IHSG selanjutnya, apalagi memasuki bulan September? Apakah bulan depan nanti menjadi September Kelabu atau September Ceria? Simak ulasan lengkap Analisis Teknikal IHSG yang terbaru ini

Gambar di bawah adalah grafik IHSG sampai hari Rabu 29 Agustus 2012

IHSG Analisis Teknikal

 

KONDISI PASAR SAHAM SAAT INI

Secara teknikal IHSG sudah break down uptrend channelnya. Karena itu fase uptrend yang dimulai sejak bulan Juni lalu boleh dibilang sudah berakhir. Sekarang kita akan memasuki fase baru, yaitu sideway atau bearish tergantung pergerakan harga saham nanti. MACD dan RSI sebenarnya belum terlalu terlihat bergerak ke bawah.

Mendekati bulan September - Oktober banyak investor khawatir kalau crash terulang. Ingat krisis utang Eropa paling parah terjadi di bulan September 2011. Puncak krisis 2008 juga ada di September - Oktober 2008. Kita lihat saja pergerakan saham selanjutnya. Tidak mesti setiap bulan September-Oktober harga saham jatuh, bisa jadi sebaliknya. Who knows? Yang pasti disarankan untuk mulai berhati-hati dalam trading.

 

REKOMENDASI

  • Rekomendasi bagi trader: TRADING SELL / SHORT TERM TRADING
    IHSG cenderung ke arah sideways atau bearish. Take profit atau trading jangka pendek
  • Rekomendasi bagi investor: HOLD
    Yang sudah punya saham masih bisa hold.

 

Rekomendasi di atas adalah rekomendasi umum. Jika ingin mendapatkan sinyal jual beli saham yang lebih spesifik, Anda bisa menggunakan layanan rekomendasi saham dari JurusCUAN.com yang dikirimkan langsung ke email Anda.