IHSG Cenderung Datar Menunggu Keputusan Kenaikan Harga BBM

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Akhir minggu lalu IHSG ditutup di level 4978,51. Kalau kita perhatikan memang saat ini IHSG cenderung datar. Kemungkinan investor wait and see menunggu kabar tentang wacana kenaikan harga BBM di awal Mei 2013. Di awal minggu ini kemungkinan IHSG masih konsolidasi. Apa yang akan terjadi selanjutnya pada pasar saham. Apakah masih bisa menanjak lagi? Simak ulasan lengkap Analisis Teknikal IHSG yang terbaru ini

Gambar di bawah adalah grafik IHSG sampai hari Jumat 26 April 2013

Prediksi Analisis Teknikal IHSG

 

KONDISI PASAR SAHAM SAAT INI

Secara teknikal IHSG sekarang di fase uptrend. MA pendek masih di atas MA panjang. IHSG juga membentuk pola Ascending Triangle yaitu pola naik. Cuma MACD memperlihatkan kekuatan uptrend yang lemah, yaitu garis MACD di bawah signal, RSI juga terlihat cenderung datar. Dengan demikian IHSG terlihat cenderung datar, kemungkinan seiring investor wait and see pengumuman wacana kenaikan harga BBM. Keputusan ini akan menjadi penentu pergerakan harga saham selanjutnya

Bila harga BBM naik, kemungkinan harga saham akan tertekan, setidaknya dalam jangka pendek. Tetapi dalam jangka panjang, kenaikan harga BBM akan membantu keuangan negara, terutama untuk mengurangi defisit neraca perdagangan. Sehingga dampaknya akan positif bagi ekonomi negara dalam jangka panjang.

Support IHSG ada di 4950, 4900 dan support kuat di 4850. Resistance di 5020, 5050. Perhatikan pola segitiga yang terbentuk, jika break down ke bawah, sebaiknya berhati-hati.

Sedangkan investor di pasar saham global akan mencermati beberapa hal. Pertama, Federal Reserve akan bertemu pada Selasa dan Rabu, investor akan menanti apakah The Fed akan tetap membeli obligasi sesuai program stimulus yang sudah berjalan.

Bank Sentral Eropa bertemu pada hari Kamis dan investor akan mengamati untuk melihat apakah ada pemotongan suku bunga karena ekonomi negara Eropa melambat.

Puncaknya akan datang pada hari Jumat ketika Departemen Tenaga Kerja AS merilis laporan tenaga kerja untuk bulan April.
Analis mengharapakan pertumbuhan lapangan pekerjaan menjadi 150.000, naik dari 88.000 pada bulan Maret. Tingkat pengangguran kemungkinan akan tetap tidak berubah pada 7,6 persen.

REKOMENDASI

  • Rekomendasi bagi trader: SHORT TERM TRADING
    IHSG dlm jangka pendek cenderung datar, lebih baik trading pendek atau tunggu sampai arah harga saham lebih jelas
  • Rekomendasi bagi investor: BUY AND HOLD
    Dalam jangka menengah - panjang IHSG juga masih uptrend, hold saham.

 

Rekomendasi di atas adalah rekomendasi umum. Jika ingin mendapatkan sinyal jual beli saham yang lebih spesifik, Anda bisa menggunakan layanan rekomendasi saham dari JurusCUAN.com yang dikirimkan langsung ke email Anda.