Saatnya Sell In May And Go Away?

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Akhir minggu lalu IHSG ditutup di level 4925,48. IHSG terlihat sudah break down pola segitiga yang saya infokan minggu lalu. Pemicu penurunan adalah downgrade outlook Indonesia oleh S&P. Sekarang IHSG masuk fase konsolidasi. Apa yang akan terjadi selanjutnya pada pasar saham. Apakah sekarang saatnya Sell In May And Go Away? Simak ulasan lengkap Analisis Teknikal IHSG yang terbaru ini

Gambar di bawah adalah grafik IHSG sampai hari Jumat 3 Mei 2013

Prediksi Analisis Teknikal IHSG

 

KONDISI PASAR SAHAM SAAT INI

Sell In May And Go Away adalah fenomena di pasar saham AS. Di sana ada kecenderungan bulan Mei mulai koreksi sampai Oktober. Sehingga banyak investor meyakini fenomena tersebut. Apakah fenomena tersebut akan terjadi pada tahun ini?

Kemungkinan tidak. Di pasar saham AS sendiri, di bulan Mei tahun 2013 ini malah makin menanjak, didorong data ekonomi yang membaik. S&P 500 dan Dow Jones masing-masing mencetak rekor baru di minggu lalu. Untuk pertama kalinya S&P 500 ditutup di atas level 1600.

Bagaimana fenomena Sell In May And Go Away di pasar saham Indonesia? Menurut saya penurunan IHSG sampai saat ini belum membawa IHSG masuk fase bearish. Tapi lebih ke arah sideways. Market sepertinya lebih banyak panik karena penurunan outlook Indonesia tersebut. Lagipula banyak saham yang sudah overbought sehingga investor mencari kesempatan untuk profit taking.

Secara teknikal IHSG sekarang di fase sideways. Berbagai indikator memperlihatkan kekuatan uptrend IHSG yang melemah. MA pendek masih di atas MA panjang. Tapi MACD di bawah signal walalupun masih positif. RSI juga terlihat bergerak turun.

IHSG akan masuk fase bearish jika break down level support kuat 4850. Jika itu terjadi kemungkinan berpeluang menutup gap di 4780.

Kita cermati bersama saja bagaimana pergerakan IHSG minggu ini. Perhatikan support 4850. Berhati-hati jika break down level tersebut.

REKOMENDASI

  • Rekomendasi bagi trader: SHORT TERM TRADING
    IHSG dlm jangka pendek cenderung datar, lebih baik trading pendek atau tunggu sampai arah harga saham lebih jelas. Perhatikan support 4850
  • Rekomendasi bagi investor: BUY AND HOLD
    Dalam jangka menengah - panjang IHSG juga masih uptrend, hold saham.

 

Rekomendasi di atas adalah rekomendasi umum. Jika ingin mendapatkan sinyal jual beli saham yang lebih spesifik, Anda bisa menggunakan layanan rekomendasi saham dari JurusCUAN.com yang dikirimkan langsung ke email Anda.