Pasar Saham Terimbas Melambatnya Pertumbuhan Global dan Brexit

User Rating: 5 / 5

Star ActiveStar ActiveStar ActiveStar ActiveStar Active
 

Sesuai analisis sebelumnya, pasar saham akhirnya terkoreksi,. Investor mulai melakukan profit taking seiring merosotnya pasar saham dunia. Penyebab penurunan adalah kekhawatiran investor akan melambatnya pertumbuhan ekonomi global, penurunan harga minyak dan ketidakpastian voting Brexit. IHSG ditutup di level 4848. Secara teknikal IHSG sudah lepas dari uptrend channel jangka pendeknya. Bagaimana pergerakan IHSG selanjutnya? Simak ulasan lengkap Analisis Teknikal IHSG terbaru

Gambar di bawah adalah grafik IHSG sampai hari Jumat 10 Juni 2016

Analisis Pasar Saham IHSG 13 Juni 2016

 

KONDISI PASAR SAHAM SAAT INI

Secara teknikal, IHSG sudah lepas dari uptrend channel jangka pendeknya. Moving Average periode pendek di atas Moving Average periode panjang. MACD di atas signal, dan bernilai positif. RSI terlihat bergerak turun. Dari kondisi teknikal ini, saya menyimpulkan IHSG sekarang cenderung bergerak sideways.

Walaupun sudah breakdown channel uptrend jangka pendeknya, tapi kondisi teknikal IHSG sementara ini belum jelek-jelek amat. Jadi belum perlu terlalu khawatir. Kecuali kalau nanti makin ambrol, tapi semoga tidak terjadi.

Pasar saham dunia pada akhir minggu lalu juga bergerak turun. Penyebab penurunan adalah kekhawatiran investor akan melambatnya pertumbuhan ekonomi global. Yield obligasi berbagai negara seperti Jerman dan Jepang rontok pada tingkat sangat rendah. Penurunan harga minyak mentah juga mendorong penurunan pasar saham. Harga minyak mentah turun ke level $49 per barel setelah mencapai level $51 per barel. Ketidak pastian voting Brexit juga makin mendorong kekhawatiran investor. Hasil jajak pendapat terbaru di Inggris menunjukkan keunggulan kubu pendukung keluarnya Inggris dari zona Euro.

Minggu ini ada beberapa data ekonomi yang perlu diperhatikan:

  1. Selasa 14 Juni 2016 : Data penjualan ritel AS
  2. Rabu 15 Juni 2016 : Data persediaan minyak AS, Pernyataan Fed
  3. Kamis 16 Juni 2016 : Pernyataan BOJ, Data klaim pengangguran AS, Data inflasi AS
  4. Jumat 17 Juni 2016 : Pernyataan ketua ECB Mario Draghi

Perkiraan saya, di minggu ini pasar saham kemungkinan masih berpotensi bergerak turun. IHSG berpotensi menguji level support 4792-4825. Saya memperkirakan ada potensi rebound mendekati level support ini.

Support IHSG terdekat berada di 4825, sedangkan resistance di 4877.

 

REKOMENDASI UMUM

  • Rekomendasi bagi trader saham: WAIT AND SEE atau SHORT TERM TRADING
    IHSG sudah lepas dari uptrend channel jangka pendeknya. Situasi pasar saham dunia juga kurang kondusif. Sementara disarankan wait and see atau trading jangka pendek pada saham-saham tertentu. Safe trading
  • Rekomendasi bagi investor saham: WAIT AND SEE
    Dalam jangka menengah IHSG terlihat mulai sideways. Sementara wait and see.

 

Rekomendasi di atas adalah rekomendasi umum. Jika ingin mendapatkan sinyal jual beli saham yang lebih spesifik, Anda bisa menggunakan layanan rekomendasi saham dari JurusCUAN.com yang dikirimkan langsung ke email Anda. Juga bisa diterima oleh aplikasi secara realtime di smartphone Anda .