Pasar Saham Bersiap Pada Kemungkinan Brexit

User Rating: 5 / 5

Star ActiveStar ActiveStar ActiveStar ActiveStar Active
 

Pasar saham dunia meluncur turun pada minggu lalu. Penyebabnya adalah kekhawatiran investor akan potensi Inggris meninggalkan zona Eropa. Sementara IHSG pada minggu lalu ditutup di level 4835, hanya turun tipis dari awal minggu.Secara teknikal IHSG saat ini pada fase sideways dalam jangka pendek. Bagaimana pergerakan IHSG selanjutnya menjelang Brexit Vote? Simak ulasan lengkap Analisis Teknikal IHSG terbaru

Gambar di bawah adalah grafik IHSG sampai hari Jumat 17 Juni 2016

Analisis Pasar Saham IHSG 20 Juni 2016

 

KONDISI PASAR SAHAM SAAT INI

Secara teknikal, IHSG terlihat mulai mendatar. Moving Average periode pendek di atas Moving Average periode panjang, tapi mulai menyempit. MACD di bawah signal, dan bernilai positif. RSI terlihat bergerak cenderung datar, setelah turun sebelumnya. Dari kondisi teknikal ini, saya menyimpulkan IHSG sekarang cenderung bergerak sideways pada jangka pendek.

Pasar saham dunia pada minggu lalu bergerak turun. Penyebab penurunan adalah kekhawatiran investor akan ketidakpastian Brexit Vote. Indeks Dow Jones turun -1,07 persen pada minggu lalu. Indeks S&P500 turun -1,19 persen pada minggu lalu. Sementara otot IHSG masih agak kuat, cuma turun -0,06%. Sebelumnya, saya juga sudah mengingatkan bahwa kita memasuki Musim Paceklik Pasar Saham di bulan Juni - Juli 2016.

Brexit vote akan diadakan pada hari Kamis 23 Juni waktu setempat. Isu Brexit ini akan menjadi fokus utama para pelaku pasar, karena dampak Brexit akan cukup besar pada pasar saham, forex, atau emas. Bila Inggris memutuskan untuk keluar dari zona Eropa, kemungkinan akan menjadi sentimen negatif bagi pasar saham. Sementara itu menjelang Brexit vote, volatilitas pasar kemungkinan juga meningkat, sehingga disarankan trader untuk lebih berhati-hati pada minggu ini.

Minggu ini ada beberapa data ekonomi yang perlu diperhatikan:

  1. Selasa 21 Juni 2016 : Pernyataan Ketua Fed Janet Yellen
  2. Rabu 22 Juni 2016 : Data persediaan minyak AS, Pernyataan Ketua Fed Janet Yellen
  3. Kamis 23 Juni 2016 : Data klaim pengangguran AS, Brexit Vote
  4. Jumat 24 Juni 2016 : Data Durable Goods AS

Perkiraan saya, di minggu ini pasar saham kemungkinan bergerak sideways sampai menjelang Brexit Vote. Waktu pengumuman Brexit Vote bisa terjadi pergerakan market yang luar biasa, cuma efeknya tergantung hasilnya. Untuk trader disarankan sementara trading jangka pendek, atau wait and see sampai hasil Brexit Vote keluar.

Support IHSG terdekat berada di 4789, sedangkan resistance di 4877.

 

REKOMENDASI UMUM

  • Rekomendasi bagi trader saham: WAIT AND SEE atau SHORT TERM TRADING
    IHSG sideways. Situasi pasar saham dunia juga kurang kondusif. Sementara disarankan wait and see atau trading jangka pendek pada saham-saham tertentu. Safe trading
  • Rekomendasi bagi investor saham: WAIT AND SEE
    Dalam jangka menengah IHSG terlihat mulai sideways. Sementara wait and see.

 

Rekomendasi di atas adalah rekomendasi umum. Jika ingin mendapatkan sinyal jual beli saham yang lebih spesifik, Anda bisa menggunakan layanan rekomendasi saham dari JurusCUAN.com yang dikirimkan langsung ke email Anda. Juga bisa diterima oleh aplikasi secara realtime di smartphone Anda .