Pasar Saham Setelah Libur Lebaran Siap Melanjutkan Penguatan

User Rating: 5 / 5

Star ActiveStar ActiveStar ActiveStar ActiveStar Active
 

Setelah kekhawatiran Brexit mereda, pasar saham rebound dan sempat mencapai level tertingginya di 5039. Tapi sebelum libur Lebaran, IHSG akhirnya terkoreksi dan ditutup di level 4971. Mulai tanggal 4 Juli 2016 sampai 8 Juli 2016 pasar saham Indonesia libur seminggu penuh. Bagaimana pergerakan IHSG selanjutnya setelah libur Lebaran? Apakah mampu melanjutkan penguatan? Simak ulasan lengkap Analisis Teknikal IHSG terbaru di sini

Gambar di bawah adalah grafik IHSG sampai hari Jumat 1 Juli 2016

Analisis Pasar Saham IHSG 11 Juli 2016

 

KONDISI PASAR SAHAM SAAT INI

Secara teknikal, IHSG terlihat membaik. Moving Average periode pendek di atas Moving Average periode panjang. MACD di atas signal, dan bernilai positif. RSI terlihat bergerak relatif naik. Dari kondisi teknikal ini, saya menyimpulkan IHSG sekarang berada pada fase uptrend dalam jangka pendek.

Sementara BEI (Bursa Efek Indonesia) libur Lebaran seminggu penuh, pasar saham dunia masih beroperasi. Pada akhir minggu lalu, bursa saham AS naik tajam. Dow Jones naik +250 poin (+1,4%) dan S&P 500 naik +32 poin (+1,53%). Penguatan indeks Dow Jones dan S&P500 didukung rilis data pekerjaan yang cukup baik pada hari Jumat. Data pekerjaan menunjukkan terbentuk angka 287 ribu, sedangkan ekspektasi cuma 175 ribu.

Sementara bursa saham Eropa juga ijo royo-royo pada akhir minggu. DAX naik +2,24% FTSE +0,87% dan CAC +1,77%

Minggu ini investor akan mencermati data ekonomi penting, terutama dari AS dan China. Berikut adalah beberapa data ekonomi yang perlu diperhatikan dalam minggu ini:

  1. Selasa 12 Juli 2016 : Data perdagangan China
  2. Rabu 13 Juli 2016 : Data persediaan minyak AS
  3. Kamis 14 Juli 2016 : Data inflasi, klaim pengangguran AS, data GDP China
  4. Jumat 15 Juli 2016 : Data inflasi, penjualan ritel AS

Menurut saya, IHSG kemungkinan bergerak cenderung naik pada awal minggu. Kemungkinan di akhir minggu mulai sedikit konsolidasi tapi tidak signifikan. Jadi sementara ini, kondisi pasar saham masih relatif aman untuk trading.

Support IHSG terdekat berada di 4940, sedangkan resistance terdekat di 5039.

 

REKOMENDASI UMUM

  • Rekomendasi bagi trader saham: BUY ON WEAKNESS
    IHSG uptrend dalam jangka pendek. Buy On Weakness
  • Rekomendasi bagi investor saham: BUY ON WEAKNESS
    Dalam jangka menengah IHSG mulai cenderung ke arah uptrend lagi. Bisa Buy On Weakness.

 

Rekomendasi di atas adalah rekomendasi umum. Jika ingin mendapatkan sinyal jual beli saham yang lebih spesifik, Anda bisa menggunakan layanan rekomendasi saham dari JurusCUAN.com yang dikirimkan langsung ke email Anda. Juga bisa diterima oleh aplikasi secara realtime di smartphone Anda .