Pasar Saham Mulai Lelah Bergerak Naik

User Rating: 5 / 5

Star ActiveStar ActiveStar ActiveStar ActiveStar Active
 

Pada minggu lalu, pasar saham mencapai rekor level tertinggi sepanjang tahun 2016, yaitu di level 5334. Tapi setelah itu IHSG mulai dilanda aksi profit taking. Di akhir minggu IHSG jatuh -83 poin atau -1,57% dan ditutup di level 5.215. Bagaimana pergerakan IHSG selanjutnya? Apakah mampu kembali ke level 5300-an? Simak ulasan lengkap Analisis Teknikal IHSG terbaru di sini

Gambar di bawah adalah grafik IHSG sampai hari Jumat 29 Juli 2016

Analisis Pasar Saham IHSG 1 Agustus 2016

 

KONDISI PASAR SAHAM SAAT INI

Secara teknikal, IHSG masih dalam fase uptrend. Moving Average periode pendek di atas Moving Average periode panjang. MACD di atas signal, dan bernilai positif. MACD terlihat mendekati signal, tapi belum deathcross. RSI terlihat mulai bergerak turun. Dari kondisi teknikal ini, saya menyimpulkan walaupun mengalami koreksi tajam, IHSG sekarang masih dalam fase uptrend.

Pasar saham dunia juga mulai lelah menanjak. Pasar saham AS pada minggu lalu cenderung bergerak turun. Indeks Dow Jones awal minggu dibuka di 18.555, dan ditutup di 18.428. Sementara indeks S&P500 mengawali minggu lalu dengan pembukaan di 2.173 dan ditutup sama di level 2.173.

Minggu ini tidak banyak data penting yang rilis. Yang paling besar dampaknya adalah rilis data pekerjaan AS di akhir minggu.

Berikut adalah beberapa data ekonomi yang perlu diperhatikan dalam minggu ini:

  1. Senin 1 Agustus 2016 : Data manufaktur AS
  2. Rabu 2 Agustus 2016 : Data persediaan minyak AS, penjualan ritel AS
  3. Kamis 3 Agustus 2016 : Data klaim pengangguran AS
  4. Jumat 4 Agustus 2016 : Data pekerjaan AS

Minggu lalu walaupun dibanting dengan kejam, IHSG tergolong masih uptrend. Tidak perlu terlalu khawatir. Tapi bisa jadi trading saham di bulan Agustus juga tidak lebih mudah seperti sebelumnya. Di bulan Juni-Juli IHSG boleh dibilang naik terus tanpa koreksi. Dengan sebagian rilis laporan keuangan emiten yang mengecewakan kemungkinan sebagian investor lebih memilih profit taking untuk wait and see perkembangan selanjutnya. Kemungkinan, IHSG mulai konsolidasi di bulan Agustus ini, siap-siap pada fluktuasi harga yang lebih banyak. Safe trading ya

Menurut saya, IHSG mulai lelah menanjak naik. IHSG mungkin masih berpeluang rebound pada awal minggu. Tapi kemungkinan di akhir minggu mulai ada potensi profit taking lagi.

Support IHSG terdekat berada di 5179, sedangkan resistance terdekat di 5268.

 

REKOMENDASI UMUM

  • Rekomendasi bagi trader saham: SELL ON STRENGTH
    IHSG mungkin sudah mulai lelah menanjak dalam jangka pendek. Pertimbangkan Sell On Strength
  • Rekomendasi bagi investor saham: BUY ON WEAKNESS
    Dalam jangka menengah IHSG masih uptrend. Bisa Buy On Weakness.

 

Rekomendasi di atas adalah rekomendasi umum. Jika ingin mendapatkan sinyal jual beli saham yang lebih spesifik, Anda bisa menggunakan layanan rekomendasi saham dari JurusCUAN.com yang dikirimkan langsung ke email Anda. Juga bisa diterima oleh aplikasi secara realtime di smartphone Anda .

 

analisis pasar saham, analisis ihsg, prediksi saham, prediksi ihsg, analisis teknikal saham, analisis ktenikal ihsg, ihsg minggu ini