Pasar Saham Membentuk Pola Ascending Triangle

User Rating: 5 / 5

Star ActiveStar ActiveStar ActiveStar ActiveStar Active
 

Pada minggu lalu, IHSG masih berkonsolidasi, dan berhasil ditutup di level 5438. Agak naik sedikit dibanding penutupan minggu sebelumnya di 5416. Secara teknikal saat ini IHSG masih berkonsolidasi dan membentuk pola Ascending Triangle. Bagaimana pergerakan IHSG selanjutnya? Simak ulasan lengkap Analisis Teknikal IHSG terbaru di sini

Gambar di bawah adalah grafik IHSG sampai hari Jumat 26 Agustus 2016

Analisis Pasar Saham IHSG 29 Agustus 2016

 

KONDISI PASAR SAHAM SAAT INI

Secara teknikal, IHSG masih dalam fase konsolidasi dalam jangka pendek. Moving Average periode pendek di atas Moving Average periode panjang. MACD di bawah signal, tapi masih bernilai positif. RSI terlihat relatif bergerak datar. IHSG membentuk pola Ascending Triangle (Segitiga Menanjak). Penjelasan tentang pola Ascending Triangle bisa dibaca di buku Analisis Teknikal Untuk Profit Maksimal Edisi Kedua. Dari kondisi teknikal ini, saya menyimpulkan IHSG sekarang masih berada di fase konsolidasi / sideways dalam jangka pendek.

Pasar saham dunia juga relatif masih bergerak secara konsolidatif pada minggu lalu. Pasar saham AS ditutup mixed pada minggu lalu, setelah pidato ketua Fed Janet Yellen. Di dalam pidatonya, Yellen menyatakan bahwa alasan untuk menaikkan suku bunga lebih kuat 'dalam beberapa bulan terakhir'. Sepanjang minggu lalu, indeks S&P500 turun -0,55%. Sedangkan IHSG masih bisa bergerak naik tipis +0,26%

Minggu ini ada beberapa data ekonomi penting, terutama ada di akhir minggu. Berikut adalah beberapa data ekonomi yang perlu diperhatikan dalam minggu ini:

  1. Selasa 30 Agustus 2016 : Data kepercayaan konsumen AS
  2. Rabu 31 Agustus 2016 : Data persediaan minyak AS, data manufaktur China
  3. Kamis 1 September 2016 : Data klaim pengangguran AS, data manufaktur AS
  4. Jumat 2 September 2016 : Data pekerjaan AS

Perkiraan saya, IHSG kemungkinan masih melanjutkan pola konsolidasi jangka pendeknya pada minggu ini. IHSG membentuk pola Ascending Triangle, biasanya pola seperti ini berpotensi cukup bagus. Bila breakout level resistance 5476 maka IHSG berpotensi melanjutkan kenaikan untuk menguji kembali rekor 5523.

Walaupun begitu, saran saya tetap safe trading.

Support IHSG terdekat berada di 5351, sedangkan resistance terdekat di 5476.

 

REKOMENDASI UMUM

  • Rekomendasi bagi trader saham: SHORT TERM TRADING atau WAIT AND SEE
    IHSG masih dalam fase konsolidasi. Bisa trading jangka pendek pada saham tertentu atau tunggu IHSG uptrend lagi
  • Rekomendasi bagi investor saham: BUY ON WEAKNESS
    Dalam jangka menengah IHSG masih uptrend. Bisa Buy On Weakness.

 

Rekomendasi di atas adalah rekomendasi umum. Jika ingin mendapatkan sinyal jual beli saham yang lebih spesifik, Anda bisa menggunakan layanan rekomendasi saham dari JurusCUAN.com yang dikirimkan langsung ke email Anda. Juga bisa diterima oleh aplikasi secara realtime di smartphone Anda .