Pasar Saham Menanti Keputusan Suku Bunga

User Rating: 5 / 5

Star ActiveStar ActiveStar ActiveStar ActiveStar Active
 

Pasar saham pada minggu lalu bergerak cenderung turun. IHSG ditutup di bawah level 5300, tepatnya di 5267. Di minggu ini investor saham akan menanti keputusan suku bunga Fed dan sekaligus Bank Indonesia. Jadi minggu ini adalah minggu yang agak mengerikan kalau terjadi hal di luar perkiraan. Bagaimana pergerakan IHSG selanjutnya? Simak ulasan lengkap Analisis Teknikal IHSG terbaru di sini

Gambar di bawah adalah grafik IHSG sampai hari Jumat 16 September 2016

Analisis Pasar Saham IHSG 19 September 2016

 

KONDISI PASAR SAHAM SAAT INI

Secara teknikal, IHSG saat ini berada dalam channel downtrend. Moving Average periode pendek di bawah Moving Average periode panjang. MACD di bawah signal, dan bernilai negatif. RSI terlihat relatif bergerak turun. Dari kondisi teknikal ini, saya menyimpulkan IHSG sekarang downtrend dalam jangka pendek

Pasar saham dunia bergerak cukup fluktuatif pada minggu lalu. Kekhawatiran terhadap potensi kenaikan suku bunga menjadi momok para investor saham. Walaupun fluktuatif, indeks S&P500 berhasil naik sepanjang minggu lalu, yaitu naik +0,85%. Sementara IHSG sepanjang minggu lalu relatif tidak bergerak, dibuka 5266, ditutup 5267.

Berikut adalah beberapa data ekonomi yang perlu diperhatikan dalam minggu ini:

  1. Selasa 20 September 2016: Kebijakan BOJ (Bank Of Japan)
  2. Rabu 21 September 2016 : Kebijakan BOJ (Bank Of Japan), Data persediaan minyak AS, Keputusan suku bunga Fed
  3. Kamis 22 September 2016 : Pernyataan Ketua ECB Mario Draghi, Data klaim pengangguran AS, Keputusan suku bunga BI

Minggu ini investor saham akan mencermati meeting The Fed yang akan diadakan 20-21 September 2016 (waktu setempat). Selain itu investor saham juga akan menanti hasil Rapat Dewan Gubernur BI yang diadakan 21-22 September 2016. Waktu meeting Fed dan BI hampir bersamaan.

Kebanyakan investor berekspektasi The Fed tidak menaikkan suku bunga pada meeting bulan September. Menurut survey CME Group, ekspektasi pasar untuk kenaikan suku bunga September adalah 15 persen.

Kemungkinan di awal minggu pasar saham bergerak sideways menanti meeting The Fed dan BI. Kemudian bisa bergerak cepat, tergantung keputusan Fed dan BI, apakah mengecewakan atau memuaskan investor. Hasil meeting Fed dan BI tersebut akan berdampak besar pada pasar saham, jadi LEBIH HATI_HATI trading pada minggu ini. Agak mengerikan kalau terjadi hal di luar perkiraan.

Support IHSG terdekat berada di 5215, sedangkan resistance terdekat di 5305.

 

REKOMENDASI UMUM

  • Rekomendasi bagi trader saham: SHORT TERM TRADING atau WAIT AND SEE
    IHSG cenderung downtrend dalam jangka pendek. Bisa trading jangka pendek pada saham tertentu atau tunggu IHSG uptrend lagi
  • Rekomendasi bagi investor saham: BUY ON WEAKNESS
    Dalam jangka menengah IHSG mulai berkonsolidasi. Bisa Buy On Weakness.

 

Rekomendasi di atas adalah rekomendasi umum. Jika ingin mendapatkan sinyal jual beli saham yang lebih spesifik, Anda bisa menggunakan layanan rekomendasi saham dari JurusCUAN.com yang dikirimkan langsung ke email Anda. Juga bisa diterima oleh aplikasi secara realtime di smartphone Anda .