Dampak Deutsche Bank Mereda, Pasar Saham Berpotensi Melanjutkan Penguatan

User Rating: 5 / 5

Star ActiveStar ActiveStar ActiveStar ActiveStar Active
 

Pasar saham pada minggu lalu bergerak relatif datar. IHSG sempat naik karena rally harga minyak tapi kemudian turun didorong oleh kekhawatiran investor pada dampak kasus Deutsche Bank. Bila kasus Deutsche Bank mereda, IHSG berpotensi melanjutkan penguatan dan membentuk pola uptrend channel. Bagaimana pergerakan IHSG selanjutnya? Simak ulasan lengkap Analisis Teknikal IHSG terbaru di sini

Gambar di bawah adalah grafik IHSG sampai hari Jumat 30 September 2016

Analisis Pasar Saham IHSG 3 Oktober 2016

 

KONDISI PASAR SAHAM SAAT INI

Secara teknikal, IHSG saat ini terlihat masih sideways, tapi terlihat berpotensi membentuk uptrend channel. Walaupun begitu, penguatan IHSG masih tertahan oleh resistance 5476. Moving Average periode pendek masih di atas Moving Average periode panjang. MACD masih di atas signal dan bernilai positif. RSI sempat bergerak naik, tapi terakhir relatif bergerak datar. Dari kondisi teknikal ini, saya menyimpulkan IHSG sekarang dalam kondisi sideways, namun berpotensi membentuk uptrend channel. Semoga ke depannya kondisinya lebih baik lagi.

Pasar saham dunia pada akhir minggu sempat naik karena rally harga minyak, saat itu IHSG sempat mencoba level 5476 namun gagal. IHSG kembali turun seiring kekhawatiran investor akan dampak kasus Deutsche Bank pada pasar saham. Deutsche Bank dikabarkan dijatuhi hukuman oleh pengadilan AS harus membayar denda sangat besar. Harga saham Deutsche Bank sempat turun tajam pada hari Kamis, karena 10 Hedge Fund melepas saham bank tersebut. Namun pada hari Jumat, saham Deutsche Bank rebound hingga 14% memupus semua kerugian sebelumnya, seiring muncul kabar raksasa perbankan Jerman tsb mendekati kesepakatan dgn Departemen Kehakiman AS, senilai 5,4 miliar dollar AS.

Berikut adalah beberapa data ekonomi yang perlu diperhatikan dalam minggu ini:

  1. Senin 3 Oktober 2016: Data manufaktur AS
  2. Rabu 5 Oktober 2016 : Data sektor jasa AS, Data persediaan minyak AS
  3. Kamis 6 Oktober 2016 : Data klaim pengangguran AS
  4. Jumat 7 Oktober 2016 : Data pekerjaan AS

Perkiraan saya, kasus Deutsche Bank kemungkinan sedikit mereda pada minggu ini, pasar saham berpotensi rebound di awal minggu. Semoga bisa lanjut beberapa hari kemudian. Atau bisa juga selanjutnya sideways kembali menanti laporan kinerja keuangan kuartal ketiga. Pada prinsipnya, kemungkinan pasar saham cukup kondusif pada minggu ini. Paling tidak sideways, syukur-syukur bisa lanjut menguat.

Support IHSG terdekat berada di 5295, sedangkan resistance terdekat di 5476. Jika breakout level 5476 ke atas, IHSG konfirm uptrend. Sebaliknya tanda bahaya jika IHSG breakdown level 5295 ke bawah.

 

REKOMENDASI UMUM

  • Rekomendasi bagi trader saham: SHORT TERM TRADING atau WAIT AND SEE
    IHSG sideways, berpotensi uptrend. Bisa trading jangka pendek pada saham tertentu atau tunggu IHSG uptrend lagi
  • Rekomendasi bagi investor saham: BUY ON WEAKNESS
    Dalam jangka menengah IHSG berkonsolidasi. Bisa Buy On Weakness.

 

Rekomendasi di atas adalah rekomendasi umum. Jika ingin mendapatkan sinyal jual beli saham yang lebih spesifik, Anda bisa menggunakan layanan rekomendasi saham dari JurusCUAN.com yang dikirimkan langsung ke email Anda. Juga bisa diterima oleh aplikasi secara realtime di smartphone Anda .