Pasar Saham Akan Dipengaruhi Krisis Eropa, Laporan Keuangan, dan Reshuffle Kabinet

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

IHSG hari Jumat 7 Oktober 2011 turun -17,422 atau -0,50% ke level 3425,684. Bagaimana kondisi pasar saham pekan ini, apakah IHSG masih bisa naik, atau turun? Apa saja yang akan mempengaruhi pergerakan harga saham pekan ini? Simak ulasan lengkap Analisis Teknikal IHSG

Gambar di bawah adalah grafik IHSG sampai hari Jumat 7 Oktober 2011.

IHSG Analisis Teknikal

 

KONDISI PASAR SAHAM SAAT INI

Dilihat dari sisi teknikal, kondisi IHSG sekarang adalah masih DOWNTREND / BEARISH. Semua indikator memperlihatkan hal tersebut. Terlihat MACD makin mendekati garis signal, RSI berada di batas atas trend line, namun belum terkonfirmasi untuk golden cross/break out. Bila terjadi break out, IHSG akan berganti fase dengan konsolidasi, yaitu di dalam range 3300-3600.

Problemnya ada di candle Jumat, terbentuk inverted hammer dengan volume lumayan. Dow Jones akhir minggu kemarin juga turun -100 poin pas akhir sesi. Hal ini menunjukkan investor masih belum yakin pada pasar saham. Saya melihat ada potensi minggu ini IHSG cenderung bergerak konsolidasi ke arah turun di range 3300-3500.

Pergerakan IHSG pekan ini akan dipengaruhi oleh 3 hal, yang pertama adalah penyelesaian krisis Eropa. Kabar terakhir peringkat utang Italia dan Spanyol diturunkan oleh lembaga rating Fitch. Sepertinya krisis Eropa juga belum memiliki solusi.

Hal kedua adalah munculnya laporan keuangan kuartal ketiga emiten yang sangat ditunggu emiten. Bila hasilnya bagus kemungkinan akan mendongkrak harga saham untuk sementara. Sebaliknya jika tidak, pasar saham akan makin kejeblos.

Ketiga dari faktor politik dalam negeri. Sepertinya satu-dua minggu ke depan akan diumumkan perombakan kabinet. Nah, walaupun tidak terlalu signifikan ada potensi hal ini akan juga mempengaruhi pasar saham.

REKOMENDASI

  • Rekomendasi bagi trader: TRADING JANGKA PENDEK
    Untuk saat ini disarankan trading jangka pendek dengan manajemen uang dan risiko yang ketat. Untuk trader jangka menengah masih belum disarankan untuk masuk
  • Rekomendasi bagi investor: HOLD
    Sebagian besar laporan keuangan kuartal kedua emiten sangat bagus, diperkirakan kuartal ketiga juga bagus. Berdasar fakta ini sementara tahan saham Anda.

 

Rekomendasi di atas adalah rekomendasi umum. Jika ingin mendapatkan sinyal jual beli saham yang lebih spesifik, Anda bisa menggunakan layanan rekomendasi saham dari JurusCUAN.com yang dikirimkan langsung ke email Anda.