IHSG Terkoreksi Tajam, Mampukah Rebound Kembali?

User Rating: 5 / 5

Star ActiveStar ActiveStar ActiveStar ActiveStar Active
 

Setelah menguat terus selama lebih dari dua minggu hingga mendekati level 6.000, pasar saham akhirnya terkoreksi tajam. IHSG akhirnya ditutup di level 5.874. Secara teknikal IHSG masih berada di fase uptrend dalam jangka pendek. Bagaimana pergerakan IHSG selanjutnya? Mampukah IHSG rebound kembali? Simak ulasan lengkap Analisis Teknikal IHSG terbaru di sini.

Gambar di bawah adalah grafik IHSG sampai hari Jumat 9 November 2018

Analisis Pasar Saham IHSG 12 November 2018

 

KONDISI PASAR SAHAM SAAT INI

IHSG terlihat turun tajam setelah kenaikan berhari-hari sebelumnya. MACD di atas signal, bernilai positif. RSI terlihat mulai bergerak turun. Dari kondisi teknikal ini, saya menyimpulkan IHSG masih di fase uptrend dalam jangka pendek.

Sementara bursa saham AS bergerak naik sepanjang minggu lalu. Indeks Dow Jones terakhir di level 25.989. Sedangkan indeks S&P500 terakhir di level 2.781.

Minggu ini tidak banyak data dan kejadian ekonomi penting. Yang akan dicermati oleh investor terutama adalah pernyataan Ketua Fed Powell dan Ketua ECB Draghi. Berikut adalah kejadian dan data ekonomi yang perlu diperhatikan dalam minggu ini:

  1. Selasa 13 November 2018 : Data pendapatan Inggris
  2. Rabu 14 November 2018 : Data pendapatan Australia, Data inflasi Inggris, Data inflasi AS, Pernyataan Ketua Fed Powell
  3. Kamis 15 November 2018 : Data pekerjaan Australia, Data ritel Inggris, Data ritel AS
  4. Jumat 16 November 2018 : Pernyataan Ketua Fed Powell, Pernyataan Ketua ECB Draghi

Pada akhir minggu lalu IHSG terkoreksi tajam hingga turun -1,72%. Penurunan IHSG didorong oleh anjloknya saham berkapitalisasi besar seperti HMSP, GGRM dan UNVR. Penurunan saham-saham tersebut terkait rencana BEI untuk menerapkan aturan pembobotan pada perhitungan indeks LQ45 dan IHSG. Walaupun di akhir minggu turun tajam, tapi status IHSG masih berada pada fase uptrend dalam jangka pendek.

Menurut saya, IHSG masih berpeluang terkoreksi setidaknya di awal minggu, mengikuti pelemahan bursa saham dunia. Jika terkoreksi kembali IHSG berpeluang mencoba level psikologis 5800 dan support 5733. Walaupun demikian IHSG juga masih memiliki potensi rebound kembali. Kita lihat saja perkembangan IHSG selanjutnya. Disarankan tetap safe trading.

Support IHSG berada di 5733, sedangkan resistance di 5996.

 

REKOMENDASI UMUM

  • Rekomendasi bagi trader saham: SHORT TERM TRADING
    IHSG uptrend dalam jangka pendek. Bisa trading jangka pendek pada saham-saham tertentu. Tetap safe trading
  • Rekomendasi bagi investor saham: WAIT AND SEE
    Dalam jangka menengah IHSG terlihat sideways, disarankan tunggu perkembangan pasar.

Rekomendasi di atas adalah rekomendasi umum. Jika ingin mendapatkan sinyal jual beli saham yang lebih spesifik, Anda bisa menggunakan layanan rekomendasi saham dari JurusCUAN.com yang dikirimkan langsung real time ke smartphone Anda.