Pasar Saham Masih Di Channel Uptrend, AS-China Memanas

User Rating: 5 / 5

Star ActiveStar ActiveStar ActiveStar ActiveStar Active
 

Pada minggu lalu, pasar saham bergerak cenderung menguat. IHSG ditutup di level di level 6.126, naik dibanding penutupan minggu sebelumnya di 6.056. Secara teknikal IHSG masih berada di fase uptrend dalam jangka pendek. Bagaimana pergerakan IHSG selanjutnya? Mampukah IHSG bertahan atau bahkan menguat kembali? Simak ulasan lengkap Analisis Teknikal IHSG terbaru di sini.

Gambar di bawah adalah grafik IHSG sampai hari Jumat 7 Desember 2018

Analisis Pasar Saham IHSG 10 Desember 2018

 

KONDISI PASAR SAHAM SAAT INI

IHSG terlihat masih kondusif. MACD di atas signal, bernilai positif. RSI terlihat bergerak cenderung datar. IHSG juga terlihat masih di dalam channel uptrend. Dari kondisi teknikal ini, saya menyimpulkan IHSG masih berada di fase uptrend dalam jangka pendek.

Sementara bursa saham AS bergerak turun sepanjang minggu lalu. Indeks Dow Jones terakhir di level 24.388, turun dibanding minggu sebelumnya di 25.538. Sedangkan indeks S&P500 terakhir di level 2.633, turun dibanding minggu sebelumnya di 2.760. Rata-rata indeks bursa saham AS turun sekitar -4,5% dalam waktu seminggu. Penurunan tajam bursa saham AS didorong kekhawatiran investor akan memburuknya potensi perang dagang antara AS-China. Hubungan AS-China juga dikhawatirkan memburuk setelah CFO perusahaan Huawei ditangkap di Kanada atas permintaan AS. Huawei dituduh melanggar sanksi AS atas Iran, dimana Huawei dituduh menjual teknologi ke Iran. Penurunan bursa saham juga dipicu data ekonomi AS yang terlihat melambat

Minggu ini tidak terlalu banyak data dan kejadian ekonomi penting. Yang perlu diperhatikan investor dan trader terutama voting Brexit di Inggris. Berikut adalah kejadian dan data ekonomi dalam minggu ini:

  1. Senin 10 Desember 2018 : Data GDP Inggris
  2. Selasa 11Desember 2018 : Data pendapatan Inggris, Data indeks produsen AS, Voting Brexit
  3. Rabu 12 Desember 2018 : Data inflasi AS
  4. Kamis 13 Desember 2018 : Kebijakan moneter Swiss, Pernyataan ECB
  5. Jumat 14 Desember 2018 : Data ritel AS

Menurut saya, walaupun IHSG masih berada di fase uptrend, tapi kemungkinan minggu ini IHSG cenderung bergerak agak berkonsolidasi. Situasi pasar saham dunia juga tidak terlalu cerah. Kemungkinan IHSG bergerak dalam area 6000-6200. Waspada terhadap aksi profit taking yang kemungkinan bisa terjadi. Jika terjadi koreksi, IHSG berpotensi menguji level 6.000. Sementara juga terjadi penguatan, IHSG berpotensi menguji level 6.200. Disarankan tetap berhati-hati, kondisi pasar saham dunia tidak terlalu kondusif.

Support IHSG berada di 6.000, sedangkan resistance di 6.200.

 

REKOMENDASI UMUM

  • Rekomendasi bagi trader saham: BUY
    IHSG uptrend dalam jangka pendek. Bisa beli untuk trading jangka pendek pada saham-saham tertentu. Tetap safe trading.
  • Rekomendasi bagi investor saham: BUY
    Dalam jangka menengah IHSG terlihat mulai masuk fase uptrend, disarankan akumulasi saham-saham tertentu.

Rekomendasi di atas adalah rekomendasi umum. Jika ingin mendapatkan sinyal jual beli saham yang lebih spesifik, Anda bisa menggunakan layanan rekomendasi saham dari JurusCUAN.com yang dikirimkan langsung real time ke smartphone Anda.