Prediksi Pasar Saham Di Tahun Babi Tanah 2019

User Rating: 5 / 5

Star ActiveStar ActiveStar ActiveStar ActiveStar Active
 

Tahun Anjing Tanah 2018 cukup membuat investor pasar saham khawatir. IHSG sempat turun cukup tajam di 5.557, tapi kemudian berhasil rebound dan mencapai 6.538 di akhir tahun Anjing tersebut. Bagaimana kondisi pasar saham di tahun Babi Tanah 2019? Apakah IHSG mampu melanjutkan kenaikan atau malah makin terpuruk? Sektor industri apa saja yang diuntungkan? Shio apa saja yang hoki atau ciong di tahun 2018? Sebagai alternatif, kali ini saya akan memberikan tulisan mengenai prediksi pasar saham ditinjau dari sisi Feng Shui.

Selamat Datang Tahun Babi Tanah 2570. Sesuai penanggalan tahun Cina, maka tahun Babi akan dimulai tanggal 5 Februari 2019 sampai 24 Januari 2020. Tahun Babi 2019 dilambangkan oleh dua elemen - yaitu tanah duduk di atas air. Menurut siklus kelahiran dan kehancuran, yang mengatur hubungan antar elemen, kedua unsur ini saling menghancurkan satu sama lain. Biasanya konfigurasi seperti itu akan berarti lebih banyak pertentangan dan konflik.

Prediksi Pasar Saham Di Tahun Anjing Tanah 2018

Unsur api yang menjadi kekuatan pendorong di belakang pasar saham mulai hilang di tahun Anjing 2018. Hal ini dapat dilihat dari penurunan pasar saham yang mengejutkan pada tahun 2018. Sedangkan di tahun 2019, elemen api tersebut semakin hilang dan elemen air mulai mengambil alih. Dengan demikian, terjadi berkurangnya optimisme terhadap ekonomi dan kemungkinan terjadi penurunan pada pasar saham. Bila pertumbuhan terus melemah bukan tidak mungkin akan memicu krisis ekonomi berikutnya. Melihat kembali sejarah Wall Street, tahun Babi sebelumnya adalah 2007 ketika tanda-tanda masalah dalam bisnis subprime mortgage mulai muncul yang mengarah ke tsunami keuangan pada tahun 2008. Kemungkinan pasar saham akan lebih cenderung berkonsolidasi dan fluktuatif di tahun 2019 dibanding tahun 2018. Mungkin masih ada kenaikan, tapi cenderung terbatas.

 

Apa saja industri yang akan tampil baik di tahun Anjing Tanah 2018 ini?

  • Industri dengan elemen Logam kurang diuntungkan, misalnya emas, perbankan, mesin, teknik, komputer, mobil, dan industri teknologi tinggi.
  • Industri dengan elemen Air kurang diuntungkan, misalnya industri logistik, komunikasi, minuman.
  • Industri dengan elemen Api relatif sedang-sedang saja, seperti pasar saham, energi, makanan
  • Industri dengan elemen Tanah sangat diuntungkan, misalnya pertambangan mineral, konstruksi, properti, infrastruktur
  • Industri dengan elemen Kayu sangat diuntungkan, contohnya antara lain media, tekstil, fashion, produk konsumsi, kertas, buku, kehutanan, furnitur, pendidikan dll.

 

Lantas, siapakah yang bakal hoki di Tahun Babi Tanah 2019 ini?
Shio yang Hap (harmonis) dengan Babi akan mendapat hoki, seperti Shio Macan, Kelinci, Kambing
Sedangkan shio yang terkena Ciong (konflik) dengan Babi akan mendapat kesusahan, seperti Shio Babi, Ular, dan Monyet.

Yang menarik adalah ada dua pemimpin negara yang ciong di tahun Babi, yaitu Xi Jinping dan Donald Trump. Keduanya lahir di tahun Ular. Seperti kita tahu negara China dan AS saat ini sedang bersengketa tentang masalah perang dagang. Hasil sengketa tersebut akan memberikan pengaruh pada kondisi pasar saham selanjutnya.

Mau percaya, silakan. Mau tidak percaya juga silakan
Saya sendiri bukan ahli Fengshui. Tulisan di atas adalah hasil dari comot sana dan comot sini, kemudian diringkas dan dsimpulkan. Semoga berguna.

regards
Desmond Wira
http://www.juruscuan.com