Belajar Saham Dari Nol Sampai Mahir

User Rating: 5 / 5

Star ActiveStar ActiveStar ActiveStar ActiveStar Active
 

Banyak orang yang menghubungi saya menyatakan ingin belajar saham. Kebanyakan mereka mengeluh bingung mulai dari mana, karena pengetahuan mereka nol tentang saham. Nah, untuk itu saya menulis artikel ini untuk membantu Anda yang ingin belajar saham dari nol. Walaupun buta sama sekali tentang saham, setelah mengikuti alur pembelajaran yang saya jelaskan di sini mestinya Anda segera paham dan mahir dalam melakukan transaksi saham

Dulu saya juga belajar dari nol tentang saham. Semuanya belajar sendiri (otodidak). Anda lebih beruntung karena tidak perlu belajar sendiri. Saya akan jelaskan alur tercepat untuk belajar saham.

1. BACA EBOOK MENGENAL INVESTASI SAHAM
Pertama-tama Anda harus tahu apa itu saham, mengapa harus membeli saham, bagaimana cara belinya, pakai software apa dan lain sebagainya. Dengan membaca ebook Mengenal Investasi Saham Anda akan mengetahui gambaran singkat tapi jelas tentang saham. Ebook Mengenal Investasi Saham bisa didownload gratis di sini

2. BUKA REKENING SAHAM
Belajar saham itu seperti belajar berenang. Hanya belajar teori, tanpa nyemplung ke air, Anda tidak akan pernah menjadi perenang tangguh. Anda harus membuka rekening saham di salah satu sekuritas sebelum bisa jual beli saham. Anda bisa membuka rekening saham di sini

3. LAKUKAN TRANSAKSI SAHAM
Setelah rekening saham jadi, setor dana sesuai ketentuan sekuritas. Coba membeli saham, cukup sedikit saja, misalnya 1 lot (100 lembar). Setelah itu boleh simpan atau coba jual saham tersebut. Di sini Anda melatih menggunakan software dan membiasakan diri dengan berbagai aturan transaksi saham. Batasi diri untuk tidak transaksi terlalu besar dahulu sampai familiar dengan transaksi saham.

4. PILIH MAU JADI INVESTOR ATAU TRADER SAHAM
Ada dua pilihan jika Anda ingin terjun di dunia saham, yaitu menjadi investor atau trader. Keduanya berbeda. Masing-masing punya karakteristik masing-masing, dan beda ilmu yang harus dikuasai. Investor membeli dan menyimpan saham dalam jangka waktu lama. Trader membeli dan menjual saham dalam waktu singkat memanfaatkan fluktuasi harga saham. Untuk pemula, dan mereka yang sibuk disarankan menjadi investor saham. Perbedaan investasi dan trading untuk lebih jelasnya bisa dibaca di sini.

5. PELAJARI ILMUNYA
Bila Anda ingin menjadi investor saham disarankan belajar Analisis Fundamental. Di sini Anda akan belajar cara menganalisis kondisi ekonomi dan kesehatan keuangan perusahaan. Sedangkan bila Anda ingin menjadi trader saham disarankan belajar Analisis Teknikal. Di sini Anda perlu belajar cara menganalisis grafik harga saham untuk menentukan kapan masuk dan keluar pasar.

6. TERUS BELAJAR
Cuma belajar Analisis Fundamental atau Analisis Teknikal belum cukup untuk modal sukses di dunia saham. Masih banyak hal yang perlu dipelajari, misalnya sebagai investor saham Anda juga perlu belajar ekonomi makro, manajemen portofolio dll lebih dalam. Sebagai trader saham mungkin Anda juga perlu belajar Manajemen Uang, Psikologi Trading, dan lain sebagainya. Baca sebanyak mungkin buku investasi dan trading. Dunia saham adalah dunia yang dinamis. Seseorang yang statis biasanya tidak bisa sukses di dunia ini. Perlu banyak pembelajaran dan pikiran yang terbuka.

7. BERTAHAP
Biasanya seseorang tidak langsung sukses dalam menjadi investor atau trader saham. Semua perlu waktu, proses, dan pembelajaran yang terus menerus. Lakukan penambahan modal secara bertahap sesuai dengan banyaknya ilmu yang sudah dipelajari dan pengalaman yang sudah dilalui. Jalan menuju sukses itu terasa lama, tidak bisa instan, tapi kalau Anda sabar, disiplin dan terus menjalani, maka orang biasa juga bisa sukses berinvestasi saham.

Belajar Saham dari nol sampai mahir

Semoga artikel ini menginspirasi

regards
DW
http://www.juruscuan.com