Jangan Menunda Investasi Saham

User Rating: 5 / 5

Star ActiveStar ActiveStar ActiveStar ActiveStar Active
 

Banyak orang menunda untuk melakukan investasi di pasar saham. Penyebabnya macam-macam. Ada yang kurang mengerti tentang investasi, dan ada pula yang merasa belum memiliki uang yang cukup. Seiring dengan semakin banyaknya kebutuhan hidup, semakin tertunda pula niat untuk melakukan investasi. Padahal, semakin lama kita menunda untuk melakukan investasi saham, justru yang rugi adalah kita sendiri. Mengapa demikian? Baca artikel ini untuk mengetahuinya.

Misalkan Anda saat ini berusia 30 tahun. Kapan sebaiknya Anda mulai berinvestasi saham? Tabel di bawah ini menunjukkan simulasi hasil investasi Anda bila memulai investasi saham di usia 30 tahun, 35 tahun, 40 tahun dan 50 tahun. Semuanya dimulai dengan nilai investasi awal 10 juta, tanpa penambahan dana lagi, dengan asumsi setiap tahunnya imbal hasil berinvestasi adalah 15%.

Jangan Menunda Investasi Saham

Perhatikan bahwa memulai investasi di usia 30 tahun akan menjadikan uang 10 juta menjadi 163 juta di usia 50 tahun. Sedangkan bila memulai investasi di usia 35 tahun, hanya menghasilkan 81 juta. Hanya setengahnya! Padahal hanya berselang waktu 5 tahun!

Bila memulai di usia 40 hanya menghasilkan 40 juta, dan di usia 45 menghasilkan cuma 20 juta.

Jadi dapat disimpulkan bahwa, menunda investasi hanya akan merugikan kita sendiri. Menunda investasi berarti peluang mendapatkan imbal hasil investasi yang lebih besar semakin berkurang. Anda harus memulai investasi saham sekarang juga. Semakin awal kita melakukan investasi, hasilnya akan semakin besar. Hal ini disebabkan karena efek compounding. Karena jika lebih lambat sedikit saja, sangat jauh perbedaan yang dihasilkan dalam hasil investasinya.

Waktu terbaik untuk untuk menanam pohon adalah 20 tahun lalu. Waktu terbaik selanjutnya adalah SEKARANG. Dua puluh tahun sebelum artikel ini ditulis (1994), IHSG masih di level 400-an. Sedangkan sekarang (2014) IHSG ada di kisaran 4900. Berarti telah naik 1200%. Bersyukurlah bagi yang sudah berinvestasi sejak dua puluh tahun lalu. Bagi yang belum, belum terlambat sama sekali. Anda masih bisa berinvestasi saham mulai SEKARANG. Jangan tunda lagi. Info tentang cara berinvestasi saham di sini

oleh
Desmond Wira
http://www.juruscuan.com