Investing For Living

User Rating: 5 / 5

Star ActiveStar ActiveStar ActiveStar ActiveStar Active
 

Setelah saya menulis tentang Trading For Living, banyak pembaca yang menanyakan tentang bagaimana hidup dari investasi saham atau "Investing For Living". Bila dalam "Trading For Living", kebutuhan sehari-hari dipenuhi dari hasil trading, maka "Investing For Living" berarti kebutuhan hidup sehari-hari dipenuhi dari hasil investasi. Hidup dari hasil investasi boleh dibilang bisa dilakukan, bahkan relatif lebih mudah dilakukan daripada hidup dari hasil trading. Cuma ada syarat permodalan yang harus dipenuhi supaya kita bisa hidup dari investasi.

Mengapa "Investing For Living" lebih mudah dilakukan? Karena kita berinvestasi secara pasif. Kita tidak perlu repot memperhatikan dan mengantisipasi fluktuasi saham seperti yang dibutuhkan saat trading. Karena investasi yang dilakukan adalah bersifat pasif, maka kita hanya perlu sedikit usaha atau bahkan tidak perlu usaha keras untuk mengelola investasi. Boleh dibilang kita hanya perlu "membiarkan" investasi tersebut berkembang sendiri.

 

Hidup Dari Dividen (Dividend For Living)
Kondisi ideal dari Investing For Living adalah adalah kita bisa hidup dari dividen saja (Dividend For Living). Salah satu keuntungan dari berinvestasi saham adalah mendapatkan dividen setiap tahun. Dividen boleh dibilang adalah sebagian kecil dari laba perusahaan yang dibagikan pada pemilik saham perusahaan. Memang tidak semua saham memberikan dividen, tapi kita bisa berinvestasi pada saham yang rajin memberikan dividen setiap tahunnya. Dengan demikian dividen menjadi salah satu sumber pemasukan dari investasi. Dalam hidup dari dividen, kita tidak mengusik investasi saham utamanya.

Untuk bisa hidup dari dividen saja, kita membutuhkan modal yang sangat besar. Karena dividen yang diberikan umumnya kecil, kisarannya 1%-3% dari harga saham. Jika kita memiliki saham senilai 1 miliar, berarti kita cuma mendapatkan dividen kira-kira 10 juta - 30 juta per tahun.

Misalkan kebutuhan hidup kita per bulan adalah Rp 10 juta, maka dalam setahun kita butuh Rp 120 juta dalam bentuk dividen. Dengan demikian, modal untuk investasi saham yang dibutuhkan dengan asumsi dividen 2,5% adalah = 100/2,5 x Rp 120 juta = 4,8 miliar. Jumlah yang cukup besar bagi orang kebanyakan.

 

Bila Tidak Bisa Hidup Dari Dividen Saja
Kebanyakan kita tidak memiliki uang cukup besar supaya kita bisa hidup hanya dari dividen. Sehingga bila kita ingin hidup dari investasi, solusinya adalah kita mengambil sebagian kecil dari investasi setiap periode. Misalnya kita memiliki saham senilai 2 miliar. Kita belum bisa hidup dari dividen saja. Sedangkan kebutuhan hidup kita adalah 10 juta setiap bulan. Maka kita bisa mengambil sebesar 10 juta per bulan dari investasi saham tersebut. Caranya adalah dengan menjual 0,5% (10 juta) kepemilikan saham setiap bulan. Sedangkan saham lain dibiarkan bertumbuh. Harapannya adalah kenaikan harga saham (capital gain) bisa meningkatkan nilai investasi sehingga kita bisa mengambil persentase yang semakin kecil di masa depan. Kondisi ini tidak ideal karena kita mengurangi jumlah uang yang diinvestasikan tiap bulan. Masalahnya kalau pasar saham turun dalam jangka waktu cukup lama, nilai investasi kita semakin menyusut.

 

Dari ulasan di atas, tentu kita sudah tahu bahwa hidup dari investasi SANGAT TIDAK MUNGKIN dilakukan kalau tidak punya uang dalam jumlah besar. Banyak orang bahkan menganggap hal tersebut adalah mimpi.

Daripada berkecil hati oleh jumlah uang yang dibutuhkan untuk hidup dari investasi, sebaliknya gunakanlah sebagai MOTIVASI untuk menyimpan lebih banyak dari penghasilan untuk meningkatkan jumlah investasi Anda. Mungkin kita memerlukan waktu beberapa dekade untuk memiliki modal yang cukup untuk bisa hidup dari dividen saja. Tetapi hal itu bukannya tidak mungkin. Barangkali saja di masa depan kita bisa mendapatkan penghasilan lebih dan hasilnya bisa digunakan untuk menambah investasi.

Yang penting tetaplah optimis. Hidup dari investasi memang butuh uang dalam besar. Tetapi bukankah uang yang banyak dimulai dari mengumpulkan sedikit demi sedikit?

Mungkin sampai tua, kita tidak bisa mendapatkan uang yang sangat besar untuk bisa hidup dari investasi. Tetapi tetap saja uang kita jumlahnya akan meningkat cukup signifikan jika kita sudah mau berinvestasi sejak dini. Setidaknya kita lebih sejahtera daripada saat pertama kali berinvestasi. Shoot for the moon. Even if you miss, you'll land among the stars.

Shoot For The Moon

Bagi Anda yang berminat untuk berinvestasi saham sekarang, bisa membuka rekening saham di sini.

oleh
Desmond Wira
http://www.juruscuan.com