Investasi Saham, Bisnis Saham Atau Main Saham?

User Rating: 5 / 5

Star ActiveStar ActiveStar ActiveStar ActiveStar Active
 

Jika membahas tentang investasi saham, banyak orang menyebutnya dengan bisnis saham atau main saham. Ini sangat sering terjadi, terutama pada investor saham pemula. Ini sebenarnya merupakan hal sepele namun secara psikologis bisa membuat kita kurang berhasil dalam berinvestasi saham. Mengapa? Baca artikel ini selengkapnya

Penyebutan investasi saham sebagai bisnis saham atau main saham sebenarnya terkait dengan budaya lokal kita. Jika orang bertanya tentang pekerjaan, biasanya mereka akan bertanya,"Main apa sekarang?" atau "Bisnis apa sekarang?" Padahal yang dimaksud adalah apa yang kita kerjakan sekarang, biasanya merujuk pada usaha atau berdagang apa. Walaupun penyebutan ini merupakan hal sepele namun secara psikologis bisa membuat kita menjauh dari esensi investasi saham itu sendiri.

Investasi Saham, Bisnis Saham, atau Main Saham

Bisnis saham
Penyebutan bisnis saham akan membuat investasi saham menjadi lebih seperti transaksi jual beli saham atau trading saham. Padahal esensinya investasi saham adalah kita membeli perusahaan dan menyimpannya dalam waktu lama. Sedangkan bisnis saham lebih pada membeli saham untuk diperdagangkan (trading) dalam waktu singkat. Kalau Anda niatnya memang trading saham, ya boleh-boleh saja. Kita harus membedakan investasi dan trading saham karena keduanya berbeda.

Main saham
Penyebutan main saham membuat saham itu seperti permainan. Menurut saya, ini lebih parah dari penyebutan bisnis saham. Istilah main seringkali bermakna tidak serius. Secara psikologis ini bisa membuat kita malas untuk belajar berinvestasi dengan benar, karena menganggap investasi saham itu main-main atau mudah dilakukan.

Saya pribadi menghindari penyebutan investasi saham sebagai bisnis saham apalagi main saham. Investasi saham harus diperlakukan secara benar, bukan sebagai trading atau main-main. Penyebutan investasi saham yang benar akan membentuk mindset kita sehingga secara tidak langsung akan membentuk perilaku yang benar tentang investasi saham. Karena investasi saham harus dilakukan dengan serius, dengan strategi yang matang, dan juga analisis yang mendalam. Kita harus mengetahui secara mendalam perusahaan yang sahamnya kita beli, misalnya dengan menggunakan Analisis Fundamental.

Semoga artikel ini menginspirasi

regards
DW
http://www.juruscuan.com