Rencana Investasi Saham Dan Realitas Yang Terjadi

User Rating: 5 / 5

Star ActiveStar ActiveStar ActiveStar ActiveStar Active
 

Setiap orang memiliki tujuan, bisa dalam studi, bisnis, atau karir. Untuk mencapai tujuan tersebut, kita membuat berbagai perencanaan. Demikian juga dalam investasi saham, ada yang merencanakan dana pensiun masa depan, atau mempersiapkan uang sekolah anak. Karena itu banyak orang melakukan perencanaan investasi dengan cermat. Melakukan riset saham secara mendalam. Sebagian orang sudah membayangkan indahnya hasil investasi saham. Pundi-pundi uang bertambah tebal setiap tahun. Tetapi kenyataan seringkali tidak seindah yang dibayangkan.

Pada saat seorang investor memulai investasi saham, biasanya ia membayangkan kondisi yang ideal. Harga saham yang dibelinya naik terus. Tapi kenyataannya pasar saham adalah dunia yang dinamis. Harga saham selalu bergerak naik turun. Pada tahun ini bisa naik, tahun berikutnya belum tentu. Analoginya seperti gambar di bawah ini.

Your Plan vs Reality

Yang perlu Anda perhatikan adalah:

1. Pertama, memahami investasi saham bisa berfluktuasi. Bahkan kadang bisa turun tajam. Jika menyadari hal ini, Anda akan lebih siap secara mental, tidak mudah kecewa atau panik. Bahkan sebenarnya fluktuasi harga saham bisa menjadi kesempatan untuk berburu saham murah.

2. Kedua, tetap konsisten berinvestasi saham. Jika melakukan investasi jangka panjang, jangan berhenti di tengah jalan. Disiplin berinvestasi secara konsisten sesuai rencana awal.

3. Ketiga, secara jangka panjang pasar saham punya kecenderungan naik. Pada akhirnya, selama tetap konsisten berinvestasi saham, Anda akan sampai di tujuan, walaupun harga saham sempat turun. Tetap fokus pada tujuan investasi Anda. Entah untuk dana pensiun, uang pendidikan anak, dan lain sebagainya.

4. Keempat, miliki kesabaran. Tetap sabar dalam berinvestasi dalam jangka panjang. Patience is bitter, but its fruit is sweet. Memang tidak enak melihat harga saham naik turun, tapi jangan biarkan hal tersebut mengganggu Anda. Jika sudah melakukan investasi saham dengan benar, dalam arti sudah membeli saham yang berfundamental baik, selanjutnya hanya tinggal sabar menunggu investasi tersebut membuahkan hasil.

Semoga menginspirasi.

regards
Desmond Wira
http://www.juruscuan.com