Kriteria Saham Yang Dibeli Warren Buffett

User Rating: 5 / 5

Star ActiveStar ActiveStar ActiveStar ActiveStar Active
 

Warren Buffett sudah dikenal sebagai bapak investasi saham. Ia berhasil menjadi orang terkaya sedunia melalui investasi saham. Sudah banyak buku dan tulisan yang membahas bagaimana strategi Warren Buffett dalam berinvestasi saham. Termasuk membahas saham apa yang dipilihnya dalam berinvestasi saham. Artikel ini akan membahas ciri-ciri saham yang dipilih sang Oracle of Omaha tersebut bila membeli saham. Bila Anda ingin membeli saham untuk investasi sesuai kriteria Buffett baca artikel ini selengkapnya.

Kriteria Saham Yang Dibeli Warren Buffett

Sebuah studi terbaru dari Biro Nasional Riset Ekonomi dan AQR Capital Management menyatakan menemukan kriteria saham yang dipilih oleh Warren Buffett. Bila kita membeli saham berdasar kriteria tersebut, diharapkan mampu mereplikasi hasil investasi saham Buffett selama 50 tahun terakhir.

Kriteria pemilihan saham tersebut cukup kompleks, karena mengandung lebih dari selusin komponen. Namun ada tiga karakteristik utama dari pemilihan saham yang menonjol:

1. KEAMANAN
Kriteria pertama adalah keamanan. Jadi saham yang dipilih adalah saham yang secara historis memiliki volatilitas rendah dan beta rendah. Volatilitas adalah tinggi rendahnya fluktuasi harga dalam kurun waktu tertentu. Sedangkan beta menunjukkan sensitivitas harga saham terhadap pergerakan saham. Artinya saham gorengan dengan fluktuasi saham yang ajaib bukan merupakan pilihan.

2. MURAH
Kriteria kedua adalah membeli saham yang murah valuasinya. Tingkat murah tidaknya saham diukur dengan rasio Price-to-Book Value (PBV) yang rendah. PBV adalah perbandingan antara harga saham dengan nilai bukunya.

3. BERKUALITAS
Kriteria ketiga adalah mengenai kualitas tinggi. Artinya saham yang dibeli harus saham dari perusahaan yang menguntungkan, stabil, tumbuh dan memiliki tingkat pemberian dividen yang tinggi.

Untuk memahami kriteria-kriteria di atas lebih lanjut, misalnya mengetahui volatilitas dan beta, PBV, dan lain sebagainya disarankan untuk membaca buku Analisis Fundamental Saham Edisi Kedua.

 

Biasanya saham perusahaan yang dipilih berdasar kriteria tersebut umumnya adalah cenderung konservatif. Kalau kita lihat kepemilikan saham Buffett memang mencerminkan hal tersebut. Sampai akhir 2014, Buffett memiliki 47 jenis saham. Nah, komposisi terbesar ada di saham Wells Fargo, Coca Cola, American Express, IBM, Wall Mart, P&G.

Semoga tulisan ini menginspirasi dan bisa membantu Anda memilih saham untuk investasi.

Beberapa tulisan tentang Warren Buffett lainnya:
Menjadi Investor Saham Sejati Ala Warren Buffet
Strategi Investasi Saham Ala Warren Buffet
Warren Buffett Juga Melakukan Kesalahan Investasi Saham
Berbagai Fakta Menarik Tentang Warren Buffett
Buku Investasi Yang Dibaca Oleh Warren Buffett
Kutipan Menarik Tentang Investasi Dari Warren Buffett

oleh
Desmond Wira
http://www.juruscuan.com