Besarnya Penghasilan Bukanlah Yang Terpenting

User Rating: 5 / 5

Star ActiveStar ActiveStar ActiveStar ActiveStar Active
 

Banyak orang mengira untuk mengakumulasi kekayaan yang terpenting adalah memiliki penghasilan yang besar. Tidak dipungkiri, bahwa memiliki penghasilan besar bisa mempercepat jalan Anda menjadi lebih kaya. Tapi pernyataan tersebut hanya benar setengahnya. Tidak percaya, perhatikan gambar di bawah ini. Ada beberapa foto selebritis terkenal dunia. Mike Tyson, Lindsay Lohan, Michael Jackson, Pamela Anderson, Toni Braxton, Brendan Fraser, Nicholas Cage, dan 50 Cents. Mereka semua terkenal, disorot media, berpenghasilan besar, naik mobil mewah, berlibur keliling dunia, atau punya rumah super indah. Itu semua kehidupan yang lazim kita lihat pada selebritis. Kehidupan seperti ini juga yang didambakan setiap orang. Tapi tahukah Anda bahwa para selebritis dunia tersebut bangkrut atau pernah bangkrut dalam hidupnya justru saat berada di puncak ketenaran?

Selebritis Dunia Yang Bangkrut

Barangkali tidak pernah terlintas di pikiran para selebritis tersebut bahwa seluruh kekayaan, ketenaran, dan kesuksesan mereka tiba-tiba hilang. Hidup berubah 180 derajat. Jatuh miskin, bangkrut, mungkin tak pernah dibayangkan para selebritis top dunia tersebut saat sedang berada di puncak ketenarannya dulu (sumber The Richest, TMZ, dll)

1. Mike Tyson
Nasib mantan juara dunia tinju kelas berat, Mike Tyson, sangat tragis. Sampai-sampai Tyson hidup menderita tanpa memiliki rumah. Hal tersebut disebabkan kelakuannya sendiri yang liar. Karir tinjunya beringsut padam setelah mendekam di penjara selama 3 tahun pada 1992-1995. Tyson telah terbukti memperkosa seorang wanita kala itu. Meski sempat turun beberapa pertandingan tinju, namun itu tak cukup mengembalikan masa kejayaannya.Bahkan Tyson terjerat kasus narkoba. Akhirnya pada tahun 2006 dia mengumumkan pensiun dari dunia tinju. Tahun 2009 Tyson makin terpuruk saat putrinya meninggal. Kehidupan Tyson berbalik dari miliarder menjadi lelaki yang tak punya rumah.

2. Lindsay Lohan
Selebriti Hollywood ini mengalami nasib buruk setelah mulai sudah sepi pekerjaan. Tak kunjung mendapatkan tawaran bermain film, Lindsay Lohan malah tetap hidup dengan standar tinggi. Bahkan Lohan sempat terancam mendekam di penjara setelah terlibat perkelahian di salah satu klub malam. Tak hanya itu, Lohan juga belum membayar pajak selama 3 tahun. Total pajak yang ditanggungnya kala itu adalah sebesar USD 233 ribu atau setara dengan Rp 2,6 miliar. Keadaan itu membuat rekening Lohan dibekukan oleh pihak bank hingga akhirnya bangkrut karena harus mengurus beberapa kasus termasuk kecelakaan yang terjadi tahun 2009 silam.

3. Michael Jackson
Kebangkrutan juga dialami penyanyi papan atas dunia, Michael Jackson. Dengan pengeluaran yang besar dan gemar berbelanja, membuat Michael sampai memiliki utang sebesar US$500 juta kepada beberapa kreditur berbeda. Utangnya membuat pundi-pundi kekayaan penyanyi yang dijuluki King of Pop ini terus menyusut. Properti wah bernilai jutaan dolar Amerika, Neverland, beserta seluruh isinya sudah bukan miliknya lagi. Jackson meninggal dunia secara mendadak pada 2009 lalu. Kematiannya menjadi sorotan publik dunia. Menurut The Daily Telegraph, Jackson menghabiskan uang lebih dari $20 juta sampai $30 juta lebih besar dari pendapatannya tiap tahun. Di akhir hidupnya, setelah meninggal dunia secara mendadak pada 2009 lalu, Michael Jackson meninggalkan $285 juta dalam bentuk utang yang belum terlunasi.

4. Pamela Anderson
Bintang film panas yang pernah bermain dalam serial TV Baywatch ini kini ternyata jatuh melarat setelah hartanya terkuras hanya untuk membayar utang. Utang itu berasal dari tunggakan pembiayaan rumahnya yang urung berdiri karena ditipu oleh kontraktornya. Akhirnya ia harus membayar sebesar US$ 1,1 juta pada 2012 silam. Bahkan baru-baru ini, kabarnya Anderson terpaksa menjual rumahnya senilai US 7,75 juta untuk menutup tagihan utang-utangnya yang menggunung.

5. Toni Braxton
2. Anda mungkin mengenalnya lewat tembang kenamaan Unbreak My Heart. Hidupnya mulai jatuh ketika ia tidak dibayar oleh perusahaan rekamannya pada 1997. Ditambah utang-utang untuk biaya hidup ala selebritis membuatnya menyatakan bangkrut. Total utang yang harus dibayarnya mencapai besaran US$ 50 juta, atau sekitar 600 Milyar rupiah. Ditambah lagi, pada 2010 Toni Braxton yang juga pernah menyabet enam Grammy Awards itu dinyatakan menderita lupus. Kekayaan yang coba dikumpulkannya kembali menjadi sia-sia karena habis untuk membiayai pengobatannya.

6. Brendan Fraser
Gaya hidupnya yang boros adalah alasan kebangkrutan bintang film Holywood ini. Penghasilan bulanan US$ 75 ribu yang diraupnya tentu saja tidak bisa menutupi biaya hidup perlentenya yang mencapai US$ 200 ribu. Hal ini lah yang secara perlahan membawa rekening tabungannya ke zona kritis. Selain itu, cedera punggung yang dialaminya membuat pengeluaran Fraser semakin bertambah. Ketidakmampuannya bekerja normal membuatnya tidak lagi “banyak dipakai”. Akibatnya, ia terpaksa melikuidasi asetnya senilai US$ 25 juta hanya untuk membayar tagihan.

7. Nicolas Cage
Gaya hidup yang super mewah membuat Nicolas Cage kini bangkrut dari kesuksesannya dulu. Keterangan tersebut disampaikan mantan manajer bisnisnya, yaitu Samuel Levin, yang digugat Cage, karena memberikan saran sehingga dia salah melakukan investasi. Levin mengungkapkan Cage pernah membeli 9 buah mobil Rolls Royce dan tiga rumah mewah, total semuanya 25 juta poundsterling (Rp 483 miliar). Kemudian pemenang piala Oscar ini juga menghabiskan 1,2juta poundsterling lagi untuk membeli motor dan 20 juta poundsterling untuk membeli flat. Bahkan kehidupan Cage sangat identik dengan foya-foya. Tercatat, dia memiliki setidaknya 15 rumah di seluruh dunia, 4 kapal boat, kapal jet, dan pulau seharga 4,5 juta poundsterling atau setara dengan Rp 86,9 miliar. Gaya hidupnya itulah yang akhirnya membuat Cage bangkrut. Dia mengumumkan bahwa pihaknya telah bangkrut secara resmi pada Oktober 2009 silam. Bahkan dia masih terbelit hutang puluhan miliar pada Direktorat Pajak Amerika.

8. 50 Cent
Rapper 50Cent, yang bernama asli Curtis Jackson, mengajukan pailit pada tahun 2015. Ia mengajukan klaim kebangkrutan, setelah kalah gugatan dari seorang wanita bernama Lastonia Leviston, yang videos seksnya ia dipublikasikan di internet. Cari perkara sendiri sih. 50 Cent mengaku memiliki rumah dengan fasilitas berikut: Klub malam pribadinya sendiri (di rumah), 21 kamar tidur, 24 kamar mandi, bioskop, lapangan basket, kolam renang, Grotto (Tidak jelas apa artinya "gua" dalam hal ini, tapi itu umumnya kata digunakan untuk merujuk ke sebuah gua). Semuanya dalam area seluar 17 hektar. Jackson memperkirakan bahwa aset bernilai antara $ 10 juta sampai $ 50 juta. Namun utangnya juga besarnya sama. Artinya sesuai namanya, kekayaan 50 Cent benar-benar tinggal 50 sen.

Daftar artis dunia yang bangkrut selain di atas masih banyak lagi. Kebanyakan mereka menjadi bangkrut karena kasus hukum, penyakit, tapi terutama karena GAYA HIDUP YANG BOROS, sehingga akhirnya hidup dalam lilitan utang yang luar biasa besar.

Fakta di atas membuktikan bahwa besarnya penghasilan bukanlah yang terpenting. Yang lebih penting lagi adalah bisa mengelola setiap penghasilan yang dimiliki. Penghasilan yang biasa saja, asal dibarengi gaya hidup tidak boros, mau menabung, dan mau melakukan investasi demi masa depan akan menghasilkan kemakmuran sampai masa tua nanti.

Yang Lebih Penting Adalah Mengelola Penghasilan

Semoga menginspirasi

oleh
Desmond Wira
http://www.juruscuan.com