Seberapa Besar Pasar Saham Dunia

User Rating: 5 / 5

Star ActiveStar ActiveStar ActiveStar ActiveStar Active
 

Sebagai investor yang berinvestasi di pasar saham, pernahkan Anda bertanya-tanya sebenarnya berapa besar pasar saham? Ibaratnya ikan yang berenang di kolam, mungkin Anda ingin mengetahui seberapa besar kolam tersebut. Tulisan ringan ini akan membandingkan seberapa besar pasar saham dunia dan perbandingannya dengan pasar saham Indonesia.

Seberapa Besar Pasar Saham Dunia

PASAR SAHAM DUNIA SANGAT BESAR
Jika dinilai dari kapitalisasinya, semua pasar saham di seluruh dunia memiliki nilai total $ 66,8 triliun. Sedangkan nilai kapitalisasi pasar saham Indonesia sekitar $473 miliar pada tahun 2017. Perbandingannya secara visual dapat dilihat di gambar bawah. Nilai pasar saham Indonesia hanya sedikit lebih besar dari perusahaan Amazon, atau sekitar separuhnya Apple.

Perbandingan Pasar Saham Dunia dan Indonesia

Sedangkan perbandingan pasar saham Indonesia dengan pasar saham negara lain dapat dilihat pada gambar di bawah ini. Boleh dibilang pasar saham Indonesia termasuk mini bila dibandingkan dengan pasar saham negara lain, terutama negara maju. Nilai pasar saham terbesar ada di AS, diikuti Jepang dan China.

Perbandingan Pasar Saham Dunia dan Indonesia

 

Tulisan ini tidak bermaksud mengecilkan pasar saham Indonesia, tapi justru menunjukkan betapa besar peluang yang ada. Pasar saham Indonesia baru memulai langkahnya, baru sekitar 1% penduduk yang berinvestasi di pasar saham. Karena itu, peluang pasar saham Indonesia untuk menjadi jauh lebih besar sangat terbuka. Nanti yang diuntungkan siapa? Tentu saja investor yang menanamkan uangnya di pasar saham.

Teruslah bersemangat berinvestasi saham. Yang belum memulai investasi saham, segera mulai dengan membuka rekening saham.

Semoga artikel ini bermanfaat

oleh
Desmond Wira
http://www.juruscuan.com