Kebiasaan Hidup Warren Buffett Yang Perlu Ditiru

User Rating: 5 / 5

Star ActiveStar ActiveStar ActiveStar ActiveStar Active
 

Warren Buffett adalah investor yang paling berhasil sejagat. Ia berhasil menjadi orang terkaya sedunia melalui investasi saham. Walaupun sangat kaya, tapi Warren Buffett memiliki beberapa kebiasaan hidup yang sangat membumi dan perlu ditiru. Semua kebiasaan hidup yang sederhana tersebut menjadi kunci keberhasilan Buffett dalam menjalankan investasinya. Apa saja kebiasaan hidup Warren Buffett yang perlu kita tiru?

Kebiasaan Warren Buffett Yang Perlu Ditiru

Kita bahas dulu kebiasaan buruk si Oracle dari Omaha, julukan Warren Buffett, yaitu makanannya. Buffett, memulai paginya setiap hari dengan Diet Coke dan satu dari tiga item sarapan McDonald's: biskuit bacon, telur dan keju atau dua roti sosis. Bahkan Buffett pernah mengatakan tiap hari ia minum sekitar 6 botol Cola. Walaupun ia masih sehat di usia tuanya, tapi kebiasaan makan dengan kandungan natrium tinggi mungkin bukan sesuatu yang ingin Anda tiru.

Tapi ada sejumlah kebiasaan hidup sehari-hari yang Buffett lakukan, dan terbukti secara ilmiah membantu meningkatkan kesuksesan Anda. Ini yang perlu ditiru:

1. KONSISTEN
Buffett tidak terlalu banyak melakukan hal yang berbeda. Dia pergi ke restoran yang sama dekat rumahnya di Omaha, Nebraska. Ia juga menyukai restoran steak yang sama saat dia datang ke New York. Tidak peduli kondisi pasar saham seperti apapun di pagi hari ia makan sarapan yang sama. Tidak aneh-aneh seperti miliarder lain, ia lebih suka tinggal di rumahnya. Mungkin hal itulah yang membuatnya memiliki sikap konservatif, konsisten dan disiplin. Sikap ini sangat berperan dalam keberhasilannya dalam melakukan investasi. Saat membeli perusahaan, ia tidak banyak aneh-aneh, strategi investasinya selalu sama, ia cenderung membeli perusahaan yang berfundamental kuat dan konsisten disiplin memegang dalam jangka waktu lama.

2. RAJIN MEMBACA
Warren Buffett mencurahkan sebagian besar waktunya untuk membaca. "Saya mungkin menghabiskan lima atau enam jam sehari untuk membaca," kata Buffett dalam dokumenter HBO, "Becoming Warren Buffett."

"Saya suka duduk dan berpikir, saya menghabiskan banyak waktu untuk melakukan itu dan terkadang sangat tidak produktif, tapi saya merasa senang memikirkan masalah bisnis atau investasi." Buffett biasanya membaca enam surat kabar setiap hari: The Wall Street Journal, The Financial Times, The New York Times, The USA Today, The Omaha World-Herald dan American Banker.

Saat Buffett memberikan pengajaran kelas investasi di Universitas Columbia, ia mengatakan, "Baca 500 halaman seperti ini setiap hari," kata Buffett kepada para siswa, sambil meraih setumpuk manual dan kertas. "Begitulah cara kerja pengetahuan, berkembang seperti bunga majemuk, kalian semua bisa melakukannya, tapi saya jamin tidak banyak yang akan melakukannya."

"Semua yang saya baca adalah bisa diakses publik," kata Buffett . "Siapa pun bisa membeli buku dan majalah yang sama. Informasi yang sama tersedia untuk siapa saja yang menginginkannya. Tapi kebanyakan orang tidak melakukannya."

Di jaman internet ini, banyak sekali informasi tentang perusahaan atau investasi yang bisa didapatkan dengan mudah. Namun banyak orang tidak suka membaca hal yang penting, tapi lebih banyak menghabiskan waktu untuk chatting, membahas hoax, dan segala hal remeh temeh lainnya. Bagaimana Anda mau berhasil seperti Buffett kalau tidak mau membaca untuk menambah wawasan dan pengetahuan? You are what you read.

Jika Anda tertarik untuk membaca buku tentang investasi, silakan lihat di sini

3. MELUANGKAN WAKTU UNTUK HOBI
Ketika Buffett tidak sibuk menjadi CEO Berkshire Hathaway, dia senang bermain ukulele. Hobi musiknya mengejutkan banyak penonton. Dia memainkan ukulele di televisi, di acara amal dan di depan investor. Selain menjadi kejutan dan mengundang banyak tawa, hobi Buffett juga membantunya dengan cara lain. Penelitian menunjukkan bahwa para profesional dengan hobi akan lebih puas dengan pekerjaan mereka dan memiliki kemungkinan lebih rendah untuk terbakar emosi. Sebuah studi di National Library of Medicine menunjukkan bahwa kegiatan rekreasi reguler membantu seseorang mengelola perasaan negatif seperti stres. Hal ini sangat berguna bagi Buffett yang notabene adalah investor di pasar saham yang penuh gejolak. Supaya maksimal, ia harus melakukan investasi dengan kepala dingin, Memiliki hobi sangat membantu mengelola emosi negatif.

4. SEDERHANA DAN HEMAT
Warren Buffett memiliki strategi yang jelas untuk menghasilkan uang. Dia mengatakan, "Aturan pertama berinvestasi adalah jangan kehilangan uang, aturan kedua adalah jangan lupa Peraturan No. 1." Ini adalah strategi yang dia gunakan dalam kehidupan pribadinya juga, dan ini dimulai dengan hidup jauh di bawah kemampuannya.

Warren Buffett, yang selalu menempati peringkat di antara orang-orang terkaya di dunia, menjalani gaya hidup yang tidak banyak berubah sejak sebelum dia menghasilkan miliaran dolar. Dia hidup sederhana dan hemat, tinggal di rumah yang sama di Omaha, Nebraska, yang ia beli pada tahun 1958 seharga $ 31.500. Dia terkenal memiliki selera sederhana, termasuk hamburger McDonald's dan cherry Coke, dan tidak terlalu suka teknologi, termasuk komputer dan mobil mewah. Sejalan dengan pandangannya, Buffett bukanlah kolektor barang mewah.

Banyak orang belum kaya, tapi sudah bermewah-mewah, tiap bulan ganti gadget, dan lain sebagainya. Alhasilnya hanya sedikit yang bisa diinvestasikan. Hasil investasipun tidak akan maksimal. Buffett mengajarkan pada kita untuk hidup sederhana dalam kondisi apapun.

 

KESIMPULAN
Semua kebiasaan hidup Warren Buffett sebenarnya adalah hal-hal yang kecil. Tapi hal-hal kecil tersebut jugalah yang menunjang kesuksesan Warren Buffett. Tidak neko-neko, rajin membaca, meluangkan waktu untuk hobi, hidup hemat semuanya hal sepele. Semua bisa dilakukan tiap orang. Masalahnya tidak banyak orang yang mau melakukannya.

Beberapa tulisan tentang Warren Buffett lainnya:
Menjadi Investor Saham Sejati Ala Warren Buffet
Strategi Investasi Saham Ala Warren Buffet
Warren Buffett Juga Melakukan Kesalahan Investasi Saham
Berbagai Fakta Menarik Tentang Warren Buffett
Buku Investasi Yang Dibaca Oleh Warren Buffett
Kutipan Menarik Tentang Investasi Dari Warren Buffett
Kebiasaan Hidup Warren Buffett Yang Perlu Ditiru

oleh
Desmond Wira
http://www.juruscuan.com