Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pergerakan Harga Saham

User Rating: 5 / 5

Star ActiveStar ActiveStar ActiveStar ActiveStar Active
 

Seperti kita tahu, harga saham selalu berubah setiap hari, bahkan setiap detik saat bursa saham buka. Banyak investor bertanya-tanya mengapa harga saham selalu berubah, faktor apa saja yang mempengaruhi pergerakan harga saham baik naik atau turun. Artikel ini akan membahas tuntas tentang hal-hal yang menyebabkan perubahan pergerakan harga saham.

Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pergerakan Harga Saham

Harga saham ditentukan oleh tarik-menarik antara kekuatan pembeli dan penjual, dalam kata lain permintaan dan penawaran. Maka dari itu, harga saham selalu berubah, sesuai kekuatan tarik menarik ini. Saat permintaan meningkat, maka harga saham cenderung naik. Sebaliknya, saat penawaran meningkat maka harga saham cenderung turun.Nah, peningkatan permintaan dan penawaran ini dipengaruhi oleh 5 faktor utama, yaitu:

1. FAKTOR KINERJA PERUSAHAAN
Harga saham biasanya mencerminkan kinerja perusahaannya. Bila kinerja perusahaan buruk, biasanya harga saham turun. Sebaliknya bila kinerja perusahaan membaik, harga saham juga meningkat. Yang dimaksud kinerja perusahaan di sini lingkupnya luas, mulai dari kinerja laporan keuangan, penjualan perusahaan, peluncuran produk baru, berita tentang perusahaan, dampak regulasi yang terkait pada perusahaan, masalah di dalam perusahaan, aksi perusahaan seperti pembagian dividen, merger, akuisisi, dan lain sebagainya.

 

2. FAKTOR KINERJA INDUSTRI
Harga saham dipengaruhi oleh kekuatan kinerja sektor industrinya masing-masing. Biasanya sektor industri yang cerah juga membawa dampak pada kinerja perusahaan di dalam sektor tersebut. Sehingga harga saham di sektor tersebut rata-rata lebih tinggi dari saham sektor lain.

 

3. FAKTOR EKONOMI MAKRO
Kondisi ekonomi suatu negara dan hubungannya dengan negara-negara lain juga mempengaruhi bursa saham negara tersebut. Saat kondisi ekonomi negara cerah, daya beli meningkat, bursa saham juga marak, dan harga saham rata-rata cenderung naik. Sebaliknya saat ekonomi negara turun biasanya juga tercermin pada harga saham yang melemah. Maka dari itu pengumuman kebijakan dan indikator ekonomi negara seperti suku bunga, inflasi, neraca perdagangan akan dicermati oleh investor saham.

 

4. FAKTOR SENTIMEN PASAR
Sentimen pelaku pasar juga mempengarui pergerakan harga saham. Pelaku pasar yang optimis dan eforia biasanya akan mendorong kenaikan harga saham. Sebaliknya pelaku pasar yang panik akan mendorong harga saham menurun.

 

5. FAKTOR LAINNYA
Ada berbagai faktor lainnya yang tidak terkait secara langsung dengan pasar atau ekonomi, tapi bisa juga mempengaruhi pergerakan harga saham. Misalnya kondisi politik, perang, konflik, terorisme, bencana alam, dan sebagainya.

 

Pergerakan harga saham ditentukan oleh salah satu atau kombinasi dari berbagai faktor di atas. Faktor no 1,2, dan 3 bisa dipelajari dengan melakukan Analisis Fundamental. Sedangkan Faktor no 4 bisa dipelajari dengan melakukan Analisis Teknikal.

 

Setelah kita tahu faktor yang menggerakkan harga saham, silakan cermati faktor-faktor tersebut dan memanfaatkannya untuk investasi saham yang menguntungkan.

 

Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pergerakan Harga Saham Penjelasan

Semoga artikel ini menginspirasi

regards
Desmond Wira
http://www.juruscuan.com