Pasar Saham Indonesia Naik Tertinggi Sedunia Sepanjang 2016

User Rating: 5 / 5

Star ActiveStar ActiveStar ActiveStar ActiveStar Active
 

Pasar saham Indonesia kembali menunjukkan kinerja mengkilap. IHSG (Indeks Harga Saham Gabungan) naik tertinggi sedunia sepanjang 2016. Hingga awal Agustus 2016, IHSG tercatat naik mencapai 18,01%.

Pasar Saham Indonesia Naik Tertinggi Sedunia Sepanjang 2016

Kenaikan IHSG didukung oleh minat beli investor, termasuk investor asing seiring meningkatnya kepercayaan terhadap pemerintah dan data ekonomi yang solid.

Kalau kita perhatikan memang bursa saham yang moncer di tahun 2016 ini adalah bursa saham negara berkembang. Tiga bursa saham yang naik tertinggi adalah Indonesia, Thailand dan Filipina. Hal ini dapat dimaklumi karena pertumbuhan eknomi dunia melambat, terutama di negara maju seperti AS, Eropa termasuk China. Bursa saham China sendiri malah turun -15% sepanjang 2016 ini.

Jika kita perhatikan, sektor industri yang naik terbanyak di IHSG adalah sektor pertambangan yang naik hampir 50% dari Januari hingga awal Agustus 2016. Sektor industri kedua yang tertinggi kenaikannya adalah Misc Industry (Aneka Industri) sebanyak 25,83%. Kemudian diikuti Infrastruktur sebesar 22,32% . Sementara yang paling melempem adalah sektor perdagangan yang hanya naik 5,99% sepanjang 2016.

Tahun 2016 masih beberapa bulan lagi, semoga IHSG tetap berhasil menjadi bursa saham yang naik tertinggi sedunia.

Pertanyaannya, sudahkah Anda berinvestasi di bursa saham yang memiliki kinerja terbaik di dunia saat ini? Segera buka rekening saham di sini

oleh:
Desmond Wira
http://www.juruscuan.com