Berhenti Menyalahkan Keadaan

User Rating: 5 / 5

Star ActiveStar ActiveStar ActiveStar ActiveStar Active
 

Dunia trading adalah dunia yang selalu dinamis dan berubah-ubah. Baik kita trading saham, forex atau emas, kita selalu mengalami hal yang sama, yaitu gejolak harga. Harga senantiasa berubah, kadang bergerak tidak sesuai keinginan kita. Di sini, respon kita terhadap perubahan tersebutlah yang menentukan kesuksesan kita sebagai trader.

Beberapa waktu lalu saya mengobrol dengan sesama rekan trader saham, seperti biasa setelah ngalor ngidul akhirnya kembali ke topik tentang saham.

Saya menanyakan,"Bagaimana tradingnya?".

"Ambrol, gara-gara kandidat Presiden yang itu tuh, pasar saham jadi nggak karuan," jawabnya.

Selang beberapa waktu kemudian, saya kontak lagi dengan trader tersebut. Saya tanya lagi, "Bagaimana tradingnya sekarang?"

"Makin rugi, gara-gara kisruh di parlemen, kacau."

Memang saat ini kondisi politik sedang tidak kondusif, jadi saya memaklumi jawaban tersebut. Tetapi dibalik jawaban tersebut sebenarnya tersirat sesuatu. Seperti dialami banyak trader lain, kita cenderung menyalahkan keadaan bila mengalami kerugian. Entah karena pasar bergejolak, komentar Ketua Fed, atau gonjang-ganjing politik.

Namanya juga trading. Pasar selalu berubah karena selalu dinamis. Jika sudah menjadi trader, mestinya Anda memahami hal ini. Tidak bisa kita selalu berharap keadaan akan selalu indah. Bahkan setiap saat akan selalu ada berita mengagetkan yang membuat pasar saham terpuruk. Saat menghadapi kondisi pasar yang mengecewakan, menyalahkan keadaan justru akan membuat kita lebih menjauhi kesuksesan di dalam trading.

Terus mengeluh tidak akan mengubah keadaan. Justru kita malah terhambat untuk melakukan aksi. Seseorang yang menyalahkan keadaan, cenderung bergerak terlambat. Ia merasa benar. Di benaknya ia berpikir: Seharusnya keadaannya begini atau seharusnya begitu. Tidak mau cut loss. Ia cenderung menanti kondisi pasar menjadi lebih "benar" sesuai keinginannya. Biasanya hal itu tidak terjadi, yang ada malah pasar saham makin terpuruk dan ia makin rugi.

Ingat, pasar selalu benar. The market is always right. Kita boleh memprediksi apa saja, tetapi pasar akan bergerak sesuai keinginannnya sendiri. Menyalahkan keadaan tidak akan ada gunanya. Lebih baik kita fokus pada trading plan. Jika harga bergerak tidak sesuai lagi dengan trading plan, segera cut loss. Gampang toh. Tidak perlu mencari kambing hitam atas tidak berjalannya trading plan. Tinggal mencari kesempatan lain untuk trading di lain kesempatan

Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua untuk belajar berhenti menyalahkan keadaan. Sekali lagi, the market is always right. The day you stop blaming the circumstances is the day you begin your journey as a better trader.

Have nice day… :)

Stop Blaming The Circumstances

regards
Desmond Wira
http://www.juruscuan.com