Hidup Sebagai Trader

User Rating: 5 / 5

Star ActiveStar ActiveStar ActiveStar ActiveStar Active
 

Profesi sebagai trader, apalagi trader full time, berbeda jauh dengan profesi atau pekerjaan lainnya. Berbeda dalam arti memiliki ketidakpastian yang cukup tinggi. Bandingkan misalnya dengan karyawan. Pekerjaan sebagai karyawan memiliki "kepastian" yang tinggi. Tiap bulan mendapat gaji yang pasti jumlahnya. Walaupun ada kemungkinan di PHK tapi sangat jarang terjadi, kecuali kalau keadaan ekonomi memburuk atau kinerja benar-benar mengecewakan. Tetapi trader full time setiap hari selalu berkawan karib dengan ketidakpastian.

Ketidakpastian sebagai trader muncul akibat kondisi pasar yang sangat dinamis. Apakah Anda trading saham, forex, emas, indeks, atau komoditas lainnya, pasar selalu berubah. Faktor yang mempengaruhi pasar saham selalu berganti setiap waktu. Hal ini menyebabkan hasil trading kadang juga bervariasi. Kadang untung, kadang rugi. Tidak seperti karyawan yang pasti mendapatkan jumlah gaji yang selalu sama setiap bulan, penghasilan trader bisa bervariasi.

Di saat trading, apa yang dikerjakan juga memiliki unsur ketidakpastian. Berbeda misalnya dengan koki, asal sudah menggunakan bahan, cara memasak yang benar sesuai resep, hasilnya boleh dipastikan mendekati harapan. Sebaliknya di dalam trading, sebaik apapun analisis kita pada pasar selalu saja ada unsur ketidakpastian. Pasar bisa bergerak berlawanan dengan harapan kita.

Itu adalah berita buruknya, berita baiknya di dalam ketidakpastian juga selalu terdapat kesempatan. Memahami konsep ini sangat penting, dan belajar bagaimana untuk mendapatkan keuntungan dari ketidakpastian akan membuat perbedaan penting antara keberhasilan dan kegagalan kita di dalam trading.

Trader bisa mengantisipasi ketidakpastian dengan memiliki rencana trading dengan berbagai skenario. Ketidakpastian seharusnya tidak lagi menjadi faktor yang mengerikan bagi trader. Trader yang sukses selalu belajar mencintai ketidakpastian. Trader yang paling siap dengan ketidakpastian adalah trader yang bisa sukses.

Hidup sebagai trader, apalagi trader full time, memang tidak menentu. Tetapi setidaknya kita sendirilah yang menentukan hidup kita, bukan orang lain. Jadi, pertanyaannya menjadi, apakah Anda sudah siap setiap harinya untuk menghadapi ketidakpastian dalam trading?

 

Hidup Sebagai Trader

 

Semoga menginspirasi

oleh
Desmond Wira
http://www.juruscuan.com