Menyukai atau Mencintai

User Rating: 5 / 5

Star ActiveStar ActiveStar ActiveStar ActiveStar Active
 

Suatu kali pernah ada yang bertanya pada saya,"Bapak benar-benar menyukai investasi dan trading ya?" Saya menggelengkan kepala, "Saya tidak menyukai investasi dan trading." Orang yang bertanya melotot sangat terkejut. Sebelum orang tersebut makin bingung, saya lanjutkan,"Tapi saya mencintai investasi dan trading." Bagi banyak orang, menyukai (like) dan mencintai (love) adalah hal yang sama. Tapi bagi saya, menyukai dan mencintai adalah dua hal yang mirip tapi berbeda. Mengapa? Baca artikel ini selengkapnya

Tidak ada yang bisa menjelaskan perbedaan tentang menyukai dan mencintai sebaik Sang Buddha. Suatu kali Sang Buddha ditanya tentang perbedaan menyukai dan mencintai. Ia menjawab,"Jika menyukai bunga, Anda akan memetiknya. Jika mencintai bunga, Anda akan menyiraminya tiap hari."

Menyukai dan mencintai akan menghasilkan perbedaan dalam tindakan. Banyak orang terpesona pada investasi dan trading, lalu menyukainya dan berharap bisa memetik keuntungan darinya. Mereka berharap menjadi trader atau investor sukses hanya untuk mendapatkan kekayaan dalam waktu singkat. Biasanya mereka cepat atau lambat akan gagal, karena mereka hanya menyukai, dan tidak melakukan segala hal yang diperlukan untuk mencapainya.

Tapi orang yang mencintai bersedia melakukan apa pun. Mereka akan berusaha keras memahami, belajar, mendisiplinkan diri, dan mencurahkan waktu, tenaga, pikiran untuk menguasai bidang tersebut. Tidak hanya sehari, dua hari, sebulan, atau setahun. Tapi berpuluh-puluh tahun mereka akan terus mendalami bidang tersebut. Di semua bidang pekerjaan, hanya orang yang mencintai bidangnya yang bisa sukses. Warren Buffett, Steve Jobs, Bill Gates sepakat dengan hal ini:

Warren Buffett quotes - successful are those who are doing what they love

Steve Jobs quotes - the only way to do great work is to love what you do

Bill Gates quotes - to do something every day that I love to do

Apapun bidang pekerjaan Anda, jika mau sukses, tidak cukup dengan hanya menyukai, tapi harus dengan mencintai.

Semoga tulisan ini menginspirasi

regards
Desmond Wira
http://www.juruscuan.com