Apa Itu Perencanaan Keuangan?

User Rating: 5 / 5

Star ActiveStar ActiveStar ActiveStar ActiveStar Active
 

Perencanaan keuangan (Financial Plan) adalah suatu proses mengelola keuangan secara terencana untuk mencapai tujuan masa depan. Nah, tujuan yang ingin dicapai ini bisa sangat sederhana (untuk jangka pendek) atau kompleks (untuk jangka panjang). Contoh tujuan yang sederhana misalnya untuk menyiapkan dana untuk liburan satu dua tahun ke depan. Sedangkan yang kompleks misalnya mempersiapkan dana pensiun di masa yang akan datang. Disebut kompleks karena dalam perencanaannya akan melibatkan berbagai instrumen keuangan, inflasi, asuransi, dan investasi.

Siapa yang perlu melakukan perencanaan keuangan?
Perencanaan keuangan bisa dilakukan masing-masing pribadi (individual), keluarga atau bisa juga institusi (misalnya perusahaan). Pada prinsipnya, setiap orang seharusnya memiliki perencanaan keuangan pribadi atau keluarga. Di dalam kehidupan modern, perencanaan keuangan semakin diperlukan.

Merencanakan Keuangan Merencanakan Masa Depan

 

Fungsi perencanaan keuangan
Fungsi perencanaan keuangan secara umum adalah mengelola keuangan sedini mungkin dalam mencapai tujuan masa depan. Sedini mungkin dikelola sehingga tujuan tersebut lebih mudah tercapai. Tujuan utama dari perencanaan keuangan biasanya kebebasan finansial (financial freedom), yang artinya bebas dari hutang, tersedianya kecukupan dana untuk biaya kehidupan sehari-hari, serta terproteksi secara finansial dari risiko apapun yang mungkin terjadi.