Saham Papan Utama, Papan Pengembangan dan Papan Akselerasi. Apa Bedanya?

User Rating: 5 / 5

Star ActiveStar ActiveStar ActiveStar ActiveStar Active
 

Perusahaan yang IPO dan melantai di BEI (Bursa Efek Indonesia atau Indonesia Stock Exchange) akan tercatat di beberapa papan perdagangan (trading board). Sejak 2019, ada tiga klasifikasi papan perdagangan di BEI, yaitu Papan Utama, Papan Pengembangan, dan Papan Akselerasi. Sebelumnya cuma dua, yaitu Papan Utama dan Papan Pengembangan. Lalu apa perbedaan masing-masing papan perdagangan tersebut?

Berikut adalah perbedaan utama saham di masing-masing papan perdagangan:

  • Papan Utama ditujukan untuk perusahaan yang mempunyai ukuran besar dan mempunyai track record
  • Papan Pengembangan dimaksudkan untuk perusahaan-perusahaan yang belum dapat memenuhi persyaratan tercatat di Papan Utama, termasuk perusahaan yang prospektif namun belum menghasilkan keuntungan, dan perusahaan yang sedang dalam penyehatan.
  • Papan Akselerasi dibuat dalam rangka pengembangan perusahaan Usaha Kecil Menengah (UKM) dan perusahaan rintisan (Startup) di Indonesia supaya dapat meraih pendanaan dari pasar modal.

 

Sebuah perusahaan dapat berpindah papan, sesuai ukuran dan kesehatan laporan keuangannya. Sebagai contoh, meski perusahaan tercatat di Papan Pengembangan bukan berarti perusahaan itu memiliki kinerja yang kurang baik. Misalnya saham PT Bank Central Asia Tbk (BBCA) sebelumnya mencatatkan saham di Papan Pengembangan kemudian menjadi berada di papan utama. Sebaliknya perusahaan yang memiliki kinerja kurang baik bisa jadi melorot berpindah ke papan perdagangan misalnya dari Papan Utama ke Papan Pengembangan.

Berikut adalah perbedaan perusahaan yang tercatat di Papan Utama, Papan Pengembangan, dan Papan Akselerasi secara lebih terperinci:

Bursa Efek Indonesia

Ingin segera mulai berinvestasi saham? Buka rekening saham di sini

oleh
Desmond Wira
http://www.juruscuan.com