Perbedaan Pasar Saham Dan Pasar Modal

User Rating: 4 / 5

Star ActiveStar ActiveStar ActiveStar ActiveStar Inactive
 

Banyak orang yang salah mengerti bahwa pasar saham dan pasar modal itu sama. Memang mirip, tetapi keduanya juga memiliki perbedaan. Apa persamaan dan perbedaan antara pasar saham dan pasar modal? Baca artikel ini untuk tahu jawabannya

Pasar modal (capital market) merupakan pasar untuk berbagai instrumen keuangan yang bisa diperjualbelikan, berupa surat utang (obligasi), saham, reksadana, waran, right dan instrumen derivatif lainnya seperti option, futures, dan lain-lain.

Jadi pasar saham (stock market) sebenarnya adalah bagian dari pasar modal itu sendiri. Di pasar saham hanya ditransaksikan saham dan turunannya. Sedangkan di pasar modal ditransaksikan saham dan surat utang (obligasi). Kedua pasar sama-sama memiliki fungsi menjadi wahana untuk bagi perusahaan untuk mencari pendanaan (modal) untuk ekspansi. Pendanaan bisa didapatkan dari melepas saham atau surat utang.

Di media massa, istilah pasar saham dan pasar modal sering dicampur adukkan. Sekarang kita sudah tahu kan persamaan dan perbedaannya.

Ingin segera mulai berinvestasi saham? Buka rekening saham di sini

oleh
Desmond Wira
http://www.juruscuan.com