Trading Adalah Tentang Mengelola Profit Dan Loss

User Rating: 4 / 5

Star ActiveStar ActiveStar ActiveStar ActiveStar Inactive
 

Banyak trader, terutama trader pemula, berpikir bahwa trading adalah melulu tentang mencari profit. Trader tersebut selalu berpikir bagaimana cara mendapatkan keuntungan dari saham apa yang dibeli. Atau mendapatkan profit berlipat-lipat dari trading forex, emas dan sebagainya. Padahal pengertian trading itu baru benar setengahnya. Lalu apa lagi yang setengahnya? Baca artikel ini lebih lanjut untuk mengetahuinya.

Di gambar berikut, saya tunjukkan tentang matematika trading. Hehehe masih inget nggak matematika sederhana kaya begini?

The Math of Trading

Kesimpulannya adalah trading selalu memiliki dua komponen, yaitu keuntungan (Profit) dan kerugian (Loss). Apapun yang Anda lakukan — memakai strategi trading apapun — selalu akan ketemu dengan Profit dan Loss. Kalau Anda mengharapkan trading selalu profit, tidak pernah loss, maka saya sarankan bangun, barangkali Anda sedang bermimpi.

Pada prinsipnya, kita harus mengelola baik Profit dan Loss yang kita dapatkan. Caranya adalah dengan memaksimalkan profit dan meminimalkan loss. Trader sering terburu-buru menutup posisi trading yang untung, sehingga untung menjadi kerdil. Terlebih lagi, yang sering dilupakan trader adalah mengelola loss. Saat pasar saham turun, dan harga saham anjlok, trader tidak melakukan cut loss sehingga kerugian yang semula kecil jadi membengkak. Akibatnya fatal, modal trading menjadi habis.

Jadi selalu kelola baik profit dan loss dengan baik. Trading is about managing BOTH profit and loss.

oleh
Desmond Wira
http://www.juruscuan.com