10 Film Tentang Trading Dan Investasi Yang Wajib Ditonton

User Rating: 5 / 5

Star ActiveStar ActiveStar ActiveStar ActiveStar Active
 

Belajar investasi atau trading bisa dari mana saja. Bisa dari buku, artikel di internet, media atau lainnya. Ada satu lagi cara yang menyenangkan untuk belajar, yaitu dengan menonton film. Tentu saja bukan sembarang film, tapi film yang bertemakan tentang dunia keuangan, khususnya investasi dan trading. Berikut adalah 10 film favorit tentang investasi dan trading yang wajib Anda tonton. Silakan belajar trading dan investasi, sambil makan pop corn dan menonton film.

10 Film Tentang Investasi Dan Trading Yang Wajib Anda Tonton

Equity 10. Equity (2016)
Film ini merupakan lebih merupakan thriller, crime dengan background financial fraud.
Trailer Equity bisa dilihat di sini

Tersedia di Netflix
Boiler Room 9. Boiler Room (2000)
Dibintangi Vin Diesel, Ben Affleck. Dirilis pada akhir dot-com bubble, film drama ini mengisahkan sekelompok pemuda drop out yang dipekerjakan menjadi pialang. Mereka bekerja di "ruang boiler" dari broker saham dan menjadi kaya raya. Akhirnya mereka menjadi terperangkap dalam keserakahan di dunia keuangan. Film yang mirip dengan Boiler Room adalah The Wolf of Wall Street, berdasarkan kehidupan Jordan Belfort, mengisahkan naik turunnya kehidupan dari pialang saham karismatik dan tidak bermoral yang berakhir di penjara karena penipuan. Cuma The Wolf of Wall Street menurut saya terlalu panjang, dan terlalu banyak kata-kata "f*ck".
Trailer Boiler Room bisa dilihat di sini
Wall Street: Money Never Sleeps
8. Wall Street: Money Never Sleeps
Dibintangi Michael Douglas. Film ini merupakan sequel dari Wall Street (1987). Tidak sebagus seri pertamanya, tapi pelajaran yang sama tentang seberapa jauh seseorang menghadapi keserakahan dan uang tetap dapat dipetik
Trailer Wall Street: Money Never Sleeps bisa dilihat di sini
Wall Street 7. Wall Street (1987)
Dibintangi Michael Douglas, Charlie Sheen, Daryl Hannah. Film ini menceritakan tentang pialang saham muda dan ambisius. Film ini adalah menyoroti konflik antara keserakahan dan etika dalam dunia keuangan. Karakter di film ini digambarkan bersedia melakukan apa saja untuk mendapatkan keuntungan, termasuk menggunakan informasi insider trading ilegal. Karakter yang diperankan Michael Douglas yaitu Gordon Gekko merupakan sosok yang mempopulerkan quotes "Greed is good." Sosok Gekko yang kejam digambarkan hanya memiliki satu tujuan: Membuat uang sebanyak mungkin. Sekuelnya yaitu Wall Street Never Sleeps juga menarik, tapi menurut saya bagusan yang pertama
Trailer Wall Street bisa dilihat di sini
Too Big To Fail 6. Too Big To Fail (2011)
Dokudrama HBO ini didasarkan pada buku berjudul sama, mengulas tentang awal krisis keuangan, terutama keputusan untuk membiarkan Lehman Brothers gagal pada tahun 2008. Dibintangi oleh banyak aktor dan aktris terkenal yang memerankan pemimpin industri keuangan, termasuk James Woods sebagai Lehman CEO Dick Fuld, Paul Giamatti sebagai Ketua Fed Ben Bernanke, William Hurt sebagai Menteri Keuangan Henry Paulson dan Ed Asner sebagai pemimpin Berkshire Hathaway Warren Buffett.
Trailer Too Big To Fail bisa dilihat di sini
Rogue Trader 5. Rogue Trader (1999)
Dibintangi Ewan Mc Gregor. Film ini adalah sebuah kisah nyata tentang seorang trader derivatif berusia 28 tahun yang berbasis di Singapura, Nick Leeson. Ia membangkrutkan Barings Bank melalui perdagangan berisiko tinggi dan penipuan. Nick menghasilkan kerugian sebesar $1,4 miliar dollar yang memaksa salah satu bank tertua di Inggris tersebut ke dalam kebangkrutan dan mengirimnya ke penjara. Kerugian 1,4 miliar dollar itu dua kali lebih besar dari modal Barings.
Trailer Rogue Trader bisa dilihat di sini
Trader - Paul Tudor Jones

4. The Wolf Of Wall Street (2013)
Berdasarkan buku dengan judul yang sama, film ini menghibur dan diarahkan dengan baik - termasuk film laris Hollywood. Ceritanya berfokus pada karakter Jordan Belfort, seorang broker, yang dimainkan secara apik oleh Leonardo Dicaprio
Trailer The Wolf Of Wall Street bisa dilihat di sini

Margin Call 3. Margin Call (2011)
Dibintangi Zachary Quinto, Stanley Tucci, Kevin Spacey, Paul Bettany. Film ini menceritakan apa yang terjadi 36 jam di sebuah bank investasi besar di awal krisis keuangan 2007/08. Seorang analis junior menemukan ada yang salah pada keuangan perusahaannya. Terus terang saya agak ngantuk saat menonton film ini. Film ini memang temponya lambat. Jika tidak mengetahui latar belakang tentang krisis keuangan 2007/08 mungkin Anda akan bingung menonton film ini.
Trailer Margin Call bisa dilihat di sini
Boiler Room 2. Trading Places (1983)
Dibintangi Eddie Murphy, Dan Aykroyd, Ralph Bellamy, Don Ameche. Film komedi ini terinspirasi dari eksperimen kehidupan nyata antara William Eckhardt dan Richard Dennis. Dua trader yang berbasis di Chicago ini berdebat tentang apakah kesuksesan trading dapat diajarkan. Untuk menyelesaikan perselisihan tersebut Richard Dennis melatih sekelompok orang awam menjadi trader, yang disebut para Turtle. Kisah tentang eksperimen tersebut bisa dibaca di artikel Turtle Trading: Seseorang Bisa Dilatih Menjadi Trader Sukses.
Trailer Trading Places bisa dilihat di sini
The Big Short 1. The Big Short (2015)
Film The Big Short rilis di bulan Desember 2015, dibintangi Brad Pitt, Christian Bale, Karen Gillan. Film ini diangkat dari buku The Big Short: Inside the Doomsday Machine yang ditulis oleh Michael Lewis, mengisahkan tentang gelembung perumahan dan kredit selama tahun 2000-an.
Trailer The Big Short bisa dilihat di sini

Tersedia di Netflix

Daftar film di atas adalah pilihan pribadi saya, dan bersifat subyektif. Semoga artikel ini bermanfaat

Cek juga 10 Film (Dokumenter) Tentang Trading Dan Investasi Yang Wajib Ditonton

oleh
Desmond Wira
http://www.juruscuan.com