Trading Harus Serius Sekaligus Santai

User Rating: 5 / 5

Star ActiveStar ActiveStar ActiveStar ActiveStar Active
 

Di dunia kerja, di bidang apapun, biasanya kita membutuhkan keseriusan dalam bekerja agar bisa berhasil. Di dalam semua aspek bidang pekerjaan tersebut diperlukan komitmen satu juta persen keseriusan agar menjadi sukses. Saya mengamini hal ini, tapi khusus di bidang trading, saya punya pendapat lain. Menurut saya, agar bisa menjadi trader yang berhasil, seseorang harus melakukan dua hal sekaligus: Serius dan Santai. Itulah uniknya dunia trading, baik itu trading saham, forex, emas atau pun trading lainnya. Mengapa kita perlu serius sekaligus santai dalam trading?

Trading Harus Serius Sekaligus Santai

Seorang trader perlu serius di dalam hal:

  • Belajar. Ilmu di dalam dunia trading sangat luas, kita harus serius dan tekun belajar banyak hal.
  • Analisis. Menganalisis pasar perlu keseriusan, mempertimbangkan berbagai hal. Baik itu melakukan Analisis Teknikal atau Analisis Fundamental semua perlu dilakukan dengan serius
  • Persiapan. Bagi saya trading adalah 90% persiapan dan 10% eksekusi. Persiapan adalah kunci awal yang menentukan kesuksesan trading. Untuk itu kita harus serius dalam melakukan berbagai persiapan trading.
  • Menjalankan Sistem Trading. Seorang trader harus serius dalam menjalankan setiap aturan Sistem Trading yang sudah ditetapkan sebelumnya di dalam pembelajaran, analisis dan persiapan.

 

Seorang trader juga perlu santai di dalam hal:

 

Masalahnya banyak trader bersikap serius dan santai secara terbalik. Sebagai contoh, seorang trader merasa cukup belajar Analisis Teknikal secara ala kadarnya, tidak merasa perlu belajar hal lain seperti manajemen uang dan Psikologi Trading. Ia merasa cukup mempelajari satu dua indikator dan langsung merasa menjadi super trader. Padahal yang ia lakukan dan pelajari dalam dunia trading baru sebatas kulitnya. Sebaliknya banyak trader terlalu serius dalam menghadapi fluktuasi pasar. Sebagai contoh seorang trader saham yang stres setiap harga naik atau turun. Kalau harga naik, menyesal merasa ketinggalan. Kalau harga turun, merasa seperti akhir dunia. Padahal kalau santai sedikit saja, trader tersebut bisa berpikir jernih dan trading dengan lebih baik.

Menurut saya, seorang trader perlu serius dalam hal belajar, analisis, dan persiapan trading. Sebaliknya ia harus santai dalam eksekusi trading dan menghadapi fluktuasi pasar. Inilah bedanya dunia trading dengan dunia kerja pada umumnya. Itulah mengapa, trading harus serius sekaligus santai.

Semoga artikel ini menginspirasi

oleh
Desmond Wira
http://www.juruscuan.com