Belajar Trading Dari Alexander Elder

User Rating: 5 / 5

Star ActiveStar ActiveStar ActiveStar ActiveStar Active
 

Alexander Elder adalah seorang trader profesional kelahiran Rusia-Amerika. Dia adalah penulis berbagai buku, termasuk "Trading for a Living". Pertama kali diterbitkan pada tahun 1993, buku best seller internasional ini dianggap sebagai karya klasik modern di kalangan para trader.

Alexander Elder

Kisah Hidup Alexander Elder
Elder lahir di Leningrad dan dibesarkan di Estonia. Pada usia 16 tahun ia masuk sekolah kedokteran Universitas Tartu. Pada usia 23, saat bekerja sebagai dokter kapal, dia melompati kapal Soviet di Afrika dan menerima suaka politik di Amerika Serikat. Ia bekerja sebagai psikiater di kota New York dan mengajar di Universitas Columbia. Pengalamannya sebagai psikiater memberinya wawasan unik tentang psikologi trading.

Dia mendirikan dua perusahaan: Elder (perusahaan pendidikan untuk trader) dan SpikeTrade (sebuah grup trader yang anggotanya bersaing untuk mendapatkan hasil terbaik dalam seminggu).

 

Strategi Trading Alexander Elder
Elder aktif trading di dua pasar - di pasar saham Amerika, dan di pasar berjangka. Sangat jarang, mungkin sekali atau dua kali setahun, dia trading option. Saat trading, Elder menggunakan Analisis Teknikal. Untuk memasuki pasar, Elder menggunakan MACD Histogram, mencari divergen antara MACD Histogram dan harga. Dia menganalisa dalam dua time frame - panjang dan pendek. Misalnya, mingguan dan harian. Untuk keluar dari pasar, ia sering menggunakan indikator Envelope dan menutup posisi begitu harga mencapai band dari indikator Envelope tersebut..

Karena latar belakang medisnya, Elder menganggap pasar keuangan sama dengan pasien depresi. Jual saat mereka mengalami eforia, dan beli saat mereka mengalami depresi. Dia menggunakan indikator Envelope untuk membantu menentukan tingkat depresi dan eforia ini. Dengan strategi ini, Elder bisa mendapatkan keuntungan dari kegilaan orang banyak.

 

Buku karya Alexander Elder

  • The New Sell and Sell Short: How to Take Profits, Cutting Losses, and Benefit from Price Declines (2011)
  • Entries & Exits: Visits to Sixteen Trading Rooms (2006)
  • Straying From The Flock - Travels in New Zealand (2005)
  • Come into My Trading Room A Complete Guide to Trading (2002)
  • Rubles to Dollars: Making Money on Russia's Exploding Financial Frontier (1999)
  • Trading for a Living: Psychology, Trading Tactics, Money Management (1993)

 

Apa yang dapat kita pelajari dari Alexander Elder?
Untuk menjadi trader yang sukses, Alexander Elder menekankan pada tiga komponen trading. Dia berkata: "Untuk menang di pasar, kita perlu menguasai tiga komponen penting dalam trading: psikologi yang solid, sistem trading yang logis, dan rencana manajemen risiko yang efektif." Ketiga komponen ini biasanya disebut 3M (Mind, Method and Money). Menguasai ketiga komponen ini akan membantu Anda untuk mendapatkan keuntungan dari pasar.

 
Referensi:
Interview with Dr. Alexander Elder: "I want to be a psychiatrist in the market"

Wikipedia : Alexander Elder 

Semoga artikel ini menginspirasi

oleh
Desmond Wira
http://www.juruscuan.com