Latihan Trading Yang Sempurna

User Rating: 5 / 5

Star ActiveStar ActiveStar ActiveStar ActiveStar Active
 

Banyak orang menghubungi saya dan mengeluh bahwa mereka sudah belajar trading atau investasi bertahun-tahun tapi hasilnya masih belum memuaskan. Masih sering rugi bahkan berkali-kali modal ludes. Mereka bingung, mengapa sudah belajar dari berbagai buku, seminar, training dan lain sebagainya tapi masih juga gagal. Sudah belajar dan latihan keras dalam waktu lama tetapi masih belum berhasil. Mereka beranggapan bahwa latihan keras pasti menghasilkan, seperti kata pepatah: "Practice Makes Perfect". Yang tidak mereka sadari adalah anggapan tersebut hanya setengah benar. Berlatih keras saja tidak menjamin Anda berhasil. Yang diperlukan adalah berlatih dengan cara yang benar, bukan sembarang latihan: "Only Perfect Practice Makes Perfect". Hanya latihan yang sempurna yang akan menghasilkan keahlian yang sempurna. Di dalam tulisan ini, Anda akan mengetahui bagaimana melakukan latihan yang sempurna.

Latihan Trading Yang Sempurna

Suatu hari seorang remaja hendak berlatih tenis. Hari ini adalah hari pertamanya berlatih tenis. Di sela waktu menunggu guru tenisnya, ia melihat-lihat orang lain bermain tenis. Di lapangan tenis ada dua orang bapak-bapak yang sedang bermain. Gurunya sudah datang, dan ikut melihat kedua orang itu bermain.
“Nak, kau lihat mereka bermain tenis. Bagaimana menurutmu permainan mereka?” tanya guru tenis tersebut.
Remaja itu menggeleng, “Tidak bagus. Mereka pasti baru saja bermain tenis beberapa kali.”
“Sejujurnya, mereka sudah bermain tenis selama bertahun-tahun. Saya tahu, karena selalu ada di sini.”
Remaja itu terhenyak mendengar perkataaan guru tenis tersebut. Ia tidak menyangka dua orang tersebut sudah bermain tenis begitu lama.
“Bila kau mau, cukup sebulan kau berlatih denganku, mempelajari teknik-teknik bermain yang benar, latihan dengan teratur, maka kau akan menang melawan mereka,” lanjut guru tenis tersebut.

Ilustrasi di atas dikutip dari buku "Stock Investing Wisdom". Ya, banyak latihan saja tidak menjamin Anda akan menjadi master. Hanya dengan latihan yang sempurna, maka baru latihan tersebut akan membuahkan hasil yang baik. Jika kita sudah berlatih tenis selama bertahun-tahun, tetapi bila tidak berlatih dengan benar, maka kemampuan kita hanya akan terbatas pada level tersebut. Walaupun perbedaannya hanya sedikit, misalnya bagaimana cara memukul bola yang benar, tetapi itulah yang membedakan antara amatir dan master.

Pertanyaannya bagaimana melakukan latihan yang sempurna? Menurut saya, latihan yang sempurna membutuhkan 3 komponen, yang saya sebut 3RM. Ketiga komponen tersebut adalah Right Mentor, Right Method, dan Right Material.

Apakah Anda pernah menonton film Kung Fu Panda, sebuah film animasi favorit saya yang dirilis tahun 2008. Film tersebut menceritakan tentang Po, panda gendut yang diramalkan menjadi Dragon Warrior, seorang master kung fu yang diharapkan bisa menjaga keselamatan desanya. Masalahnya Po tidak bisa kung fu, cuma doyan makan. Bagaimana caranya agar ia berhasil menjadi master kung fu? Walaupun Po berlatih keras, namun gagal, tapi akhirnya berhasil, setelah mendapatkan latihan yang sempurna.

THE RIGHT MENTOR
Po beruntung memiliki guru yang mengerti dirinya, yaitu Shifu. Mentor yang bisa mengajar dengan benar akan membantu Anda mendapatkan keahlian yang benar dengan lebih cepat. Hindari mentor palsu bertipe motivacot, yang cuma asbun (asal bunyi). Banyak orang yang mengaku pakar, tetapi sebenarnya abal-abal. Cari mentor yang mengajarkan trading secara benar dan komplet, tidak hanya tentang analisis, tapi juga manajemen risiko, dan psikologi trading. Sebab semuanya merupakan Elemen Penentu Kesuksesan Trading. Hindari mentor yang cuma bicara muluk-muluk, pasti profit, cepat kaya, tidak akan rugi dan sebagainya karena hal tersebut akan menyesatkan Anda. Btw mentor juga bisa berwujud buku, kalau Anda suka belajar sendiri. Pilih buku trading dan investasi yang lengkap dan berkualitas.

THE RIGHT METHOD
Awalnya Po kesulitan dalam belajar, namun akhirnya guru Shifu bisa memahaminya. Shifu menggunakan pendekatan makanan untuk mendorong latihan Po yang memang doyan makan. Tidak semua orang bisa belajar efektif dengan metode belajar yang sama. Contohnya ada orang lebih mudah memahami dengan membaca, tetapi ada yang lebih mudah memahami lewat pendengaran. Ada yang suka melakukan eksperimen, ada pula yang lebih cocok dibimbing secara penuh. Anda harus memahami cara belajar yang paling efektif bagi Anda sendiri.

THE RIGHT MATERIAL
Setelah latihan, Po berhasil menguasai Kung Fu, tapi itu belum cukup untuk mengalahkan musuhnya. Hal ini karena ilmu yang dipelajari tidak sesuai untuk dirinya. Setelah mengetahui cara memanfaatkan tubuh gendutnya untuk bertarung, baru akhirnya Po berhasil menang. Setiap orang berbeda, tidak semua orang bisa berhasil dengan teknik trading atau investasi tertentu. Kita harus mengetahui kelebihan dan kekurangan yang kita miliki lalu memilih materi latihan yang sesuai. Misalnya ada banyak gaya trading, seperti scalping, day trading, swing trading, position trading, dan sebagainya. Berbagai gaya trading ini dibahas dalam buku Sistem Trading Profit Konsisten Edisi Kedua. Kalau dipelajari semua, hanya akan menghabiskan waktu. Yang sering terjadi adalah banyak orang menghabiskan waktu untuk belajar semua hal, akhirnya tidak fokus dan semua ilmunya cuma sebatas kulit dan tidak mendalam.

Bila Anda sedang belajar trading, lakukanlah dengan sungguh-sungguh. Belajar dari sumber terpercaya (The Righ Mentor), menggunakan metode belajar yang efektif (The Right Method), dan pelajari materi sesuai kebutuhan serta kepribadian Anda (The Right Material). Niscaya pada akhirnya Anda akan memetik hasil yang lebih baik. Only perfect practice makes perfect.

Only Perfect Practice Makes Perfect

Semoga artikel di atas menginspirasi

regards
Desmond Wira
http://www.juruscuan.com