Manajemen Uang: Memaksimalkan Profit dan Meminimalkan Kerugian

User Rating: 5 / 5

Star ActiveStar ActiveStar ActiveStar ActiveStar Active
 

Manajemen uang memainkan peran penting dalam trading kita sehari-hari. Sebagai istilah, manajemen uang adalah bagaimana Anda mengelola modal uang untuk mencapai tujuan trading, yang tentu saja adalah menghasilkan profit. Menerapkan manajemen uang yang baik adalah bagian penting untuk mewujudkan hasil trading yang diinginkan. Seorang master manajemen uang adalah seorang master trader! Manajemen uang adalah salah satu elemen penting dari Sistem Trading yang lengkap.

Manajemen Uang: Memaksimalkan Profit dan Memaksimalkan Kerugian

TUJUAN MANAJEMEN UANG
Tujuan inti manajemen uang yang sukses adalah memaksimalkan keuntungan dan di sisi lain juga meminimalkan kerugian. Trading dengan terlalu banyak uang dapat menambah lebih banyak bahaya saat trading Anda merugi. Tetapi di sisi lain, trading dengan terlalu sedikit uang juga tidak efisien karena Anda hanya mendapatkan sedikit keuntungan. Tugas kita dalam manajemen uang adalah menyeimbangkan penggunaan uang modal, tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil.

 

MANAJEMEN UANG DAN MANAJEMEN RISIKO
Anda mungkin bertanya pada diri sendiri, bukankah manajemen uang sama dengan manajemen risiko? Banyak trader menggunakan istilah manajemen uang dan manajemen risiko secara bergantian. Keduanya hampir sama, tetapi mereka memiliki perbedaan. Manajemen risiko, pada kenyataannya, adalah pilihan Anda untuk menentukan berapa banyak risiko yang ingin Anda tempatkan pada trading. Misalnya, Anda mungkin ingin mengambil risiko 1% atau 2% dari semua modal. Manajemen uang adalah bagaimana Anda mengelola uang sambil mematuhi risiko yang didefinisikan sebelumnya.

 

BAGAIMANA MELAKUKAN MANAJEMEN UANG DALAM TRADING?
Dalam pengelolaan uang, setiap trader perlu menentukan:

  1. Berapa banyak uang yang harus digunakan dalam trading (Trading Float dan Trading Size)
  2. Berapa besar risiko dan reward yang ingin Anda ambil (Risk and Reward Ratio)
  3. Berapa banyak dan kapan kita perlu menambah atau mengurangi posisi trading (Position Trading)

 

Jika Anda ingin belajar lebih lanjut tentang manajemen uang dalam trading, disarankan membaca buku Sistem Trading Profit Konsisten Edisi Kedua

oleh
Desmond Wira
http://www.juruscuan.com