Belajar Trading Dari John Paulson

User Rating: 5 / 5

Star ActiveStar ActiveStar ActiveStar ActiveStar Active
 

John Alfred Paulson adalah seorang investor dan manajer hedge fund terkemuka. Dia memimpin Paulson & Co., perusahaan manajemen investasi yang berbasis di New York. Dia disebut sebagai "salah satu nama paling menonjol di bidang keuangan" dan "seseorang yang telah membuat salah satu kekayaan terbesar dalam sejarah Wall Street". Paulson menjadi terkenal di dunia pada tahun 2007 setelah berhasil memanfaatkan krisis subprime mortgage dan memperoleh "hampir $ 4 miliar" ke kantongnya pribadi.

John Paulson


Kisah Hidup John Paulson
Paulson lahir pada tahun 1955 di Queens, New York. Paulson memiliki latar belakang akademis yang luar biasa. Pada tahun 1978, ia lulus summa cum laude di bidang keuangan dari NYU. Dia melanjutkan ke Harvard Business School, dengan beasiswa, mendapatkan MBA dengan predikat 5 persen terbaik dari kelasnya pada tahun 1980.

Paulson memulai karirnya di Boston Consulting Group pada tahun 1980 di mana dia melakukan penelitian, memberikan saran kepada perusahaan. Keinginannya untuk pindah ke bidang trading dan investasi membuatnya menduduki serangkaian posisi di berbagai bank investasi.

Jalannya menuju kekayaan dan pengakuan kelas dunia tidak dimulai sampai 1994, ketika ia mendirikan hedge fund Paulson & Co. dengan modal $ 2 juta dan satu karyawan

Paulson menjadi terkenal di dunia pada tahun 2007 dari memprediksi krisis perumahan AS. Dia shorting pasar perumahan AS, karena meramalkan krisis subprime mortgage. Kadang-kadang kejadian itu disebut sebagai trading terbesar dalam sejarah, perusahaan Paulson menghasilkan banyak uang dan ia memperoleh lebih dari $ 4 miliar ke kantongnya pribadi pada trading ini saja.

Paulson membuat serangkaian keuntungan besar dari 2007 hingga 2010 sebagai salah satu yang paling mengesankan dalam sejarah industri hedge fund. Dia berhasil membukukan empat trading besar berturut-turut dimulai dengan shorting sektor perumahan, shorting saham bank, berbalik dan membeli saham bank lagi, dan kemudian membeli emas. Reputasi Paulson dibangun di atas kemampuan luar biasa untuk mengikuti setiap pergerakan pasar di dalam salah satu periode yang paling tidak stabil dan tak terduga.

Di samping kesuksesannya, ia juga melakukan beberapa trading yang buruk. Pada tahun 2011, dia melakukan investasi yang gagal. Andalannya, Paulson Advantage Fund, turun tajam pada tahun 2011. Pada tahun 2018, salah satu fund milik John Paulson telah jatuh sekitar 70 persen selama empat tahun terakhir.

 

Strategi Trading John Paulson
Paulson mengkhususkan diri dalam investasi yang bersifat "event-driven" - yaitu misalnya terkait merger, akuisisi, spin-off, dll. Dia juga dikenal karena naluri kontrariannya, seperti shorting pasar perumahan, shorting saham bank, dll.

 

Apa yang bisa kita pelajari tentang trading dari John Paulson?
Paulson telah menunjukkan kemampuan luar biasa untuk mengidentifikasi peluang yang sangat menguntungkan yang tidak dimiliki pemain lain. Kemudian dia membuat keputusan berdasarkan ini, dan kebanyakan melakukan strategi kontrarian. Sebagian besar kekayaan yang dibuat Paulson, menggunakan strategi kontrarian.

 

Semoga menginspirasi

oleh
Desmond Wira
http://www.juruscuan.com