4 Tanda Salah Posisi Trading

User Rating: 5 / 5

Star ActiveStar ActiveStar ActiveStar ActiveStar Active
 

Keinginan setiap trader tentu saja mendapatkan profit dari setiap trading yang dilakukannya. Tetapi, tidak semua trading yang dilakukan akan membuahkan profit. Ada kalanya harga tidak bergerak sesuai keinginan dan akhirnya rugi. Sebenarnya ada tanda-tanda tertentu yang mengindikasikan bahwa trading yang kita lakukan salah posisi dan berpotensi berakhir rugi, bahkan kalau dibiarkan berpotensi rugi lebih besar. Jika bisa mencermati tanda-tanda ini kita dapat menutup posisi lebih awal dan terhindar dari kerugian lebih besar.

4 Tanda Salah Posisi Trading

Berikut adalah 4 tanda salah posisi trading:

1. SETELAH CUKUP LAMA, HARGA TIDAK BERGERAK KE ARAH YANG DIINGINKAN
Misalnya Anda membuka posisi trading, tapi setelah ditunggu cukup lama, harga tidak juga bergerak ke arah yang diinginkan. Harga yang tidak juga bergerak atau relatif datar, biasanya adalah indikasi trend yang terjadi sebelumnya sudah atau akan berakhir. Bila hal ini terjadi, Anda bisa mempertimbangkan untuk menutup posisi, dan baru masuk pasar lagi kalau trend baru sudah terbentuk

 

2. HARGA BERBALIK DAN TIDAK MAMPU KEMBALI KE LEVEL TERTENTU
Setelah membuka posisi trading, harga kemudian berbalik dan tidak mampu kembali ke level tertinggi atau terendah sebelumnya. Artinya trend yang terjadi tidak kuat lagi melanjutkan rally-nya. Bila hal ini terjadi biasanya merupakan indikasi trend sudah atau akan berakhir, bisa jadi pertanda dimulai pergantian trend.

Tanda salah posisi trading

 

3. RUGI SEMAKIN BESAR
Kerugian yang membengkak biasanya tanda salah posisi trading. Artinya harga tidak bergerak sesuai harapan dan malah berlawanan. Jika hanya rugi sedikit, masih bisa dimaklumi, tapi bila rugi semakin besar, kemungkinan besar Anda salah posisi trading.

 

4. INGIN TAMBAH POSISI TERUS
Berkaitan dengan tanda nomor 3, biasanya trading yang salah posisi inginnya ditambah posisi terus (averaging). Hal ini terjadi karena faktor Psikologi Trading. Jika Anda merasakan hal ini, biasanya salah posisi trading. Seperti kata-kata bijak: Losers average losers. Trading yang merugi adalah trader yang terus menambah posisi trading yang rugi. Semakin Anda menambah posisi rugi, biasanya rugi akan semakin besar dan akhirnya membuat bangkrut.

Jika Anda menemui 4 tanda trading salah posisi trading di atas, waspadalah. Walaupun tidak selalu benar, tapi keempat tanda tersebut biasanya merupakan indikasi bahwa Anda salah posisi trading dan perlu mempertimbangkan menutup posisi trading lebih awal.

Semoga artikel ini bermanfaat

oleh
Desmond Wira
http://www.juruscuan.com