Pasar saham bergerak relatif datar pada minggu lalu. IHSG bergerak turun dan ditutup di 5.059. Terhitung tidak banyak berubah dibanding penutupan minggu sebelumnya di 5.016. Secara teknikal IHSG masih di fase downtrend dalam jangka pendek. Bagaimana pergerakan IHSG selanjutnya? Akankah IHSG mampu menguat atau malah terkoreksi kembali? Simak ulasan lengkap Analisis Teknikal IHSG terbaru di sini.

Gambar di bawah adalah grafik IHSG sampai hari Jumat 18 September 2020

Analisis Pasar Saham IHSG 21 September 2020

 

KONDISI PASAR SAHAM SAAT INI

IHSG terlihat bergerak datar setelah penurunan tajam sebelumnya. MACD di bawah signal, di area negatif. RSI terlihat bergerak turun. Dari kondisi teknikal ini, saya menyimpulkan IHSG berada di fase downtrend dalam jangka pendek.

Sementara bursa saham AS masih terkoreksi. Indeks Dow Jones berada di level 27.657, melemah tipis dibanding penutupan minggu sebelumnya di 27.665. Sedangkan indeks S&P500 terakhir di level 3.319, melemah dibanding penutupan sebelumnya di 3.340. Pelemahan bursa saham AS didorong koreksi saham-saham teknologi.

Minggu ini cukup banyak data dan kejadian ekonomi penting. Yang terutama akan diperhatikan investor dan trader adalah pernyataan Ketua Fed Powell di hadapan parlemen tentang respon terhadap Coronavirus. Berikut adalah kejadian dan data ekonomi dalam minggu ini:

  1. Senin 21 September 2020 : Pernyataan Ketua Fed Powell
  2. Selasa 22 September 2020 : Pernyataan Gub BOE Bailey, Pernyataan Ketua Fed Powell
  3. Rabu 23 September 2020 : Suku bunga NZ, Data manufaktur Jerman, Data manufaktur AS, Pernyataan Ketua Fed Powell
  4. Kamis 24 September 2020 : Kebijakan moneter SNB, Pernyataan Ketua Fed Powell, Pernyataan Menkeu AS Mnuchin

Menurut saya, kemungkinan di minggu ini IHSG bergerak dalam pola konsolidasi. Setelah rebound tajam setelah penurunan minggu lalu, IHSG terlihat mulai berkonsolidasi. Sementara ini area trading IHSG cukup lebar, yaitu di kisaran area trading 4.754 - 5.188. Hal ini menandakan pasar saham sekarang masih cenderung sangat volatil. Di pasar saham yang seperti ini disarankan lebih berhati-hati.

Support IHSG 5.188. Resistance 5.331

Disarankan untuk tetap safe trading

 

REKOMENDASI UMUM

  • Rekomendasi bagi trader saham: SHORT TERM TRADING
    IHSG di fase downtrend dalam jangka pendek. Masih berpotensi volatil. Bisa trading pendek pada saham-saham tertentu. Tetap safe trading.
  • Rekomendasi bagi investor saham: HOLD
    Dalam jangka menengah IHSG terlihat sideways, disarankan wait and see.

Rekomendasi di atas adalah rekomendasi umum. Jika ingin mendapatkan sinyal jual beli saham yang lebih spesifik, Anda bisa menggunakan layanan rekomendasi saham dari JurusCUAN.com yang dikirimkan langsung real time ke smartphone Anda.

>> Jangan Lewatkan

Member Rekomendasi saham JurusCUAN cuan besar dari saham ABMM

Mau ikutan cuan dari saham?
Segera bergabung bersama member lain di Rekomendasi Saham JurusCUAN