Pada minggu lalu, pasar saham mampu menguat walaupun hanya naik tipis. Sempat anjlok di level 5.563 namun kemudian berhasil rebound kembali. IHSG ditutup di level 5.810, naik tipis dibanding penutupan minggu sebelumnya di 5.784. Secara teknikal IHSG masih berada di fase uptrend dalam jangka pendek. Bagaimana pergerakan IHSG selanjutnya? Akankah IHSG mampu menguat atau malah terkoreksi? Simak ulasan lengkap Analisis Teknikal IHSG terbaru di sini.

Gambar di bawah adalah grafik IHSG sampai hari Jumat 4 Desember 2020

Analisis Pasar Saham IHSG 7 Desember 2020

 

KONDISI PASAR SAHAM SAAT INI

IHSG masih terlihat bergerak dalam pola naik. MACD mendekati signal, di area positif. RSI terlihat bergerak relatif turun, di bawah area overbought. Dari kondisi teknikal ini, saya menyimpulkan IHSG masih berada di fase uptrend dalam jangka pendek. Tapi sepertinya kekuatan naik IHSG mulai berkurang.

Sementara bursa saham AS cenderung naik. Indeks Dow Jones berada di level 30.218, naik dibanding penutupan minggu sebelumnya di 29.910. Sedangkan indeks S&P500 terakhir di level 3.699, naik dibanding penutupan sebelumnya di 3.638. Bursa saham AS mencetak rekor tertinggi baru, didorong optimisme investor seiring rilis berita vaksin Covid-19 dan stimulusnya.

Minggu ini tidak banyak data dan kejadian ekonomi penting. Berikut adalah kejadian dan data ekonomi dalam minggu ini:

  1. Rabu 9 Desember 2020 : Suku bunga Kanada
  2. Kamis 10 Desember 2020 : Kebijakan moneter ECB, Pernyataan ECB

Menurut saya, kemungkinan IHSG minggu ini bergerak dalam pola konsolidasi. Masih berpotensi bergerak menguat, tapi kekuatan naik lebih terbatas dibanding sebelumnya. Pasar saham masih dibayangi aksi profit taking dari pelaku pasar. Bursa saham kemungkinan bergerak di area trading 5563-5960. IHSG masih relatif aman selama support 5563 tidak tembus ke bawah. Disarankan lebih safe trading. Tidak ada salahnya lebih berhati-hati.

Support IHSG 5.563. Resistance 5.960

 

REKOMENDASI UMUM

  • Rekomendasi bagi trader saham: TRADING BUY
    IHSG di fase uptrend dalam jangka pendek. Bisa akumulasi beli pada saham-saham tertentu. Tetap safe trading.
  • Rekomendasi bagi investor saham: BUY
    Dalam jangka menengah IHSG terlihat masuk fase uptrend, disarankan akumulasi beli pada saham-sahamt tertentu.

Rekomendasi di atas adalah rekomendasi umum. Jika ingin mendapatkan sinyal jual beli saham yang lebih spesifik, Anda bisa menggunakan layanan rekomendasi saham dari JurusCUAN.com yang dikirimkan langsung real time ke smartphone Anda.

>> Jangan Lewatkan

Member Rekomendasi saham JurusCUAN panen cuan dari saham PTMP

Mau ikutan cuan dari saham?
Segera bergabung bersama member lain di Rekomendasi Saham JurusCUAN